kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini sebab anggaran tol laut bisa membengkak


Senin, 10 November 2014 / 17:35 WIB
Ini sebab anggaran tol laut bisa membengkak
ILUSTRASI. JAKARTA,29/9-NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP DOLAR MELEMAH. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Agus Triyono | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. Pemerintahan Presiden Joko Widodo berencana membangun tol laut untuk meningkatkan akses penghubung antar pulau di Indonesia. Untuk mewujudkan rencana tersebut, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappenas mulai mempersiapkan pelaksanaan proyek, salah satunya menghitung besaran anggaran yang diperlukan.

Deputi Bidang Prasarana dan Prasarana Bappenas Deddy Priatna mengatakan, berdasarkan perhitungan sementara yang dilakukan Bappenas, anggaran yang diperlukan untuk proyek tersebut mencapai Rp 700- Rp 800 triliun. Angka itu dihitung berdasarkan jumlah pelabuhan yang akan dikembangkan menjadi pelabuhan berskala internasional.

Akan ada enam pelabuhan yaitu Belawan, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Makasar, Sorong, Bitung dan Kuala Tanjung yang akan dikembangkan menjadi berkelas internasional. Selain untuk pengembangan, anggaran  juga dihitung berdasarkan jumlah pelabuhan yang akan dibangun sebagai penghubung daerah dengan ke enam pelabuhan internasional.

"Hitungan itu juga didasarkan pada pengembangan dermaga di Tanjung Priok, di Priok saja untuk menambah satu dermaga diperlukan dana Rp 25 triliun," kata Deddy, akhir pekan kemarin.

Deddy mengatakan bahwa jumlah anggaran yang diperlukan untuk proyek tol laut tersebut bisa saja berubah dan bahkan naik sampai 1,5 kali lipat. "Ini karena masih dihitung," katanya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Adrinof Chaniago berharap, anggaran untuk pembangunan proyek tol laut tersebut bisa didapat dari beberapa sumber. Pertama, dari APBN. Kedua, peran serta BUMN. Dan ketiga dari peran swasta. "Untuk itu kita akan maksimalkan semuanya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×