kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Pesan Kemeja Hitam dan Putih yang Dikenakan Pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD


Kamis, 19 Oktober 2023 / 18:48 WIB
Ini Pesan Kemeja Hitam dan Putih yang Dikenakan Pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD
ILUSTRASI. Pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD saat berkumpul di Tugu Proklamasi sebelum menuju gedung KPU untuk pendaftaran capres-cawapres Pemilu 2024.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo mengungkapkan alasan dirinya dan bakal calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD mengenakan baju dengan warna berbeda saat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Kamis (19/10/2023).

Ganjar mengatakan, ia mengenakan kemeja hitam dan Mahfud mengenakan kemeja putih merupakan tanda bahwa mereka tidak bersifat abu-abu. "Iya, hitam dan putih, tidak pernah abu-abu," kata Ganjar di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis siang.

Ketua DPP PDI-P Ahmad Basarah sebelumnya menjelaskan bahwa warna kemeja hitam dan putih yang dikenakan Ganjar dan Mahfud menandakan sikap yang konsisten.

Baca Juga: Amankan Pasangan Capres-Cawapres Pemilu 2024, Polri Kerahkan 455 Personel

"Untuk mempertegas komitmen cita-cita proklamasi itu, pasangan Ganjar dan Prof Mahfud akan kombinasi baju pakaian hitam dan putih. Itu sebagai satu simbol satu penanda secara filosofis bahwa untuk mewujudkan cita-cita proklamasi bangsa Indonesia berdasarkan Pancasila ini tidak boleh abu-abu, tidak boleh tidak konsisten," ujar Basarah di Monumen Proklamasi, Jakarta, Kamis.

Basarah juga mengatakan, perbedaan warna pakaian menyimbolkan tegak lurusnya Ganjar-Mahfud terhadap cita-cita Proklamasi dan ideologi Pancasila.

"Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan bentuk negara lain apa pun, Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia dengan semboyan lain apa pun, dan UUD 1945 sebagai konstitusi Indonesia sebagai hukum dasar tertulis Republik Indonesia, terhadap prinsip-prinsip bernegara itu kita tidak boleh abu-abu," katanya.

Sebagaimana diketahui, Ganjar dan Mahfud resmi mendaftar sebagai pasangan calon (paspol) peserta pemilihan presiden (Pilpres) 2024 ke KPU RI, pada Kamis siang.

Baca Juga: Daftar ke KPU, Ganjar Sebut Soal Politik Pangan hingga Kemiskinan

Keduanya mendaftar didampingi para ketua umum (ketum) partai pengusung, yakni Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Pelaksana tugas (Plt) Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mardiono, Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Sebelum berangkat ke KPU, Ganjar-Mahfud bertemu dan berkumpul dengan relawan di monumen Tugu Proklamasi, Jakarta.

Sementara itu, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menyatakan berkas pendaftaran Ganjar-Mahfud lengkap. Selanjutnya, ia mengatakan, jajaran KPU bakal melakukan verifikasi atas dokumen-dokumen tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soal Baju Putih-Hitam, Ganjar: Tidak Pernah Abu-abu"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×