kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 3 pintu tol yang diprediksi macet saat mudik


Rabu, 07 Juni 2017 / 13:10 WIB
Ini 3 pintu tol yang diprediksi macet saat mudik


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

SEMARANG. Macet saat mudik merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Untuk itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian melakukan tinjauan ke lapangan untuk melihat langsung persiapan mudik di sejumlah pintu tol pada hari ini (7/6).

Dalam kunjungan mudik tersebut, Kapolri didampingi Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Puji Hartanto, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Hari Trisaputra Zuna, Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik, serta Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono.

Berdasarkan ramalan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, bakal ada kepadatan di tiga pintu keluar jalan tol saat arus mudik nanti. Apa saja?

Keiga pintu tol itu adalah pintu tol Kaligangsa (Brebes Timur), Pejagan (Brebes), dan Grinsing (Batang). "Kemungkinan jika terjadi kepadatan itu di tol Kaligangsa, Pejagan, dan Grinsing, itu kemungkinan ada tiga," ujar Tito di Semarang, Rabu (7/6) seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Di titik Grinsing misalnya, kemungkinan kemacetan bakal terjadi. Namun diperkirakan tidak separah seperti kejadian Brexit pada mudik tahun lalu.

Kemudian di Pinto Tol Cikopo, jika tidak terjadi kemacetan, pemudik bisa melanjutkan perjalanan sampai Pejagan. Namun jika di Cikopo mengalami kemacetan, petugas akan mengeluarkan pemudik di pintu tol terdekat.

Kemudian di pintu tol Pejagan, kemungkinan terjadi kemacetan karena jadi simpul keluar pemudik yang ingin beralih ke daerah selatan seperti Banyumas, Cilacap, dan sekitarnya.

"Prediksi Kapolda kemacetan bakal disitu, dulu terhambat karena ada pintu perlintasan kereta, tapi sekarang sudah ada flyover," ujarnya.

Terkait hal itu, lanjut Tito, pihaknya akan mengantisipasi semua titik rawan kemacetan dengan berbagai persiapan di lapangan. Salah satunya dengan melakukan pengecekan langsung ke lapangan.

"Tadi sudah paparan, diskusi, lalu pengecekan di lapangan. Arus mudik semoga tidak sama dengan tahun lalu karena sudah ada kemajuan, ada jalan tol fungsional 110 km sampai Grinsing," ujar jenderal bintang empat ini.

"Lalu ada perbaikan infrastruktur, yang tadinya ada lintasan kereta api, tapi ada flyover yang arah Banyumas, Cilacap. Intinya sudah ada banyak kemajuan," tambahnya. (Kontributor Semarang, Nazar Nurdin)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com dengan judul: Kapolri Prediksi 3 Pintu Tol Ini Macet Saat Arus Mudik Lebaran 2017

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×