kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45911,97   -11,52   -1.25%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia tak berniat buka hubungan diplomatik dengan Israel


Kamis, 17 Desember 2020 / 08:29 WIB
Indonesia tak berniat buka hubungan diplomatik dengan Israel
ILUSTRASI. Pemerintah Indonesia hingga kini tak memiliki niatan untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Indonesia hingga kini tak memiliki niatan untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Hal itu ditegaskan Menteri Luar Negeri ( Menlu) Retno Marsudi.

Retno mengatakan, pernyataan tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo sehubungan dengan isu Indonesia yang akan menormalisasi hubungan dengan Israel.

"Hingga saat ini tidak terdapat niatan Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel," ujar Retno dalam konferensi pers virtual, Rabu (16/12/2020).

Retno mengatakan bahwa hingga kini Indonesia tetap memberikan dukungan besar terhadap kemerdekaan Palestina. Dukungan Indonesia itu berdasarkan sejumlah parameter internasional.

"Dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina berdasarkan two-state solution dan parameter internasional yang telah disepakati, secara konsisten akan tetap dijalankan," kata Retno.

Baca Juga: Bersejarah, Israel dan Maroko resmi lakukan normalisasi hubungan diplomatik

Isu normalisasi hubungan diplomatik Indonesia dan Israel kali pertama disebarluaskan media Jerusalem Post. Dilansir dari Tribunnews pada Rabu (16/12/2020), Jerusalem Post menyebut Oman dan Indonesia kemungkinan akan menjadi negara berikutnya yang akan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel dalam beberapa minggu mendatang.

Sumber diplomatik mengidentifikasi Oman dan Indonesia sebagai dua negara yang pembicaraannya telah mengalami kemajuan dan dengan siapa normalisasi dapat diumumkan sebelum Presiden AS Donald Trump meninggalkan jabatannya pada 20 Januari 2021.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menlu: Indonesia Tak Berniat Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel"
Penulis : Achmad Nasrudin Yahya
Editor : Dani Prabowo

Selanjutnya: Menteri Israel: Diam-diam, Netanyahu bertemu dengan putra mahkota Saudi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×