kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia dan Malaysia Perpanjang Kerja Sama LCBSA Senilai Rp 28 Triliun


Selasa, 27 September 2022 / 15:36 WIB
Indonesia dan Malaysia Perpanjang Kerja Sama LCBSA Senilai Rp 28 Triliun
ILUSTRASI. Bank Indonesia (BI). Indonesia dan Malaysia Perpanjang Kerja Sama LCBSA Senilai Rp 28 Triliun.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Bank Indonesia (BI) dan Bank Negara Malaysia sepakat memperbarui perjanjian swap bilateral dalam mata uang lokal atau local currency bilateral swap arrangement (LCBSA) pada 23 September 2022. Perjanjian ini senilai RM8 atau setara Rp 28 triliun. 

Perjanjian ini berlaku efektif selama tiga tahun ke depan, dan merupakan pembaruan atas perjanjian yang pertama kali disepakati pada tahun 2019. Pembaruan LCBSA ini juga guna memperkuat kerja sama keuangan antar kedua bank sentral. 

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, pembaruan LCBSA ini mencerminkan berlangsungnya penguatan kerja sama keuangan antara BI dan Malaysia. Plus, diharapkan makin meningkatkan kepercayaan pasar terhadap fundamental ekonomi kedua negara. 

Baca Juga: Pelemahan Rupiah Kikis Laba Pebisnis

“Pembaruan perjanjian juga menunjukkan komitmen bersama untuk memperkuat stabilitas pasar keuangan melalui penggunaan mata uang lokal yang lebih luas untuk transaksi bilateral antara Indonesia dan Malaysia,” tulis Perry dalam keterangannya, Selasa (27/9). 

Sementara itu, Gubernur Bank Negara Malaysia Tan Sri Nor Shamsiah Mohd Yunus mengatakan, lanjutan kerja sama ini mempertimbangkan perkembangan arus perdagangan yang signifikan antara Malaysia dan Indonesia. 

“Kerja sama LCBSA ini juga melengkapi kerja sama keuangan yang telah dimiliki kedua bank sentral yang ditujukan untuk mendorong penggunaan mata uang lokal pada aktivitas perdagangan dan investasi antar kedua negara,” tandasnya. 

Baca Juga: Perpanjangan Kerjasama BCSA dengan Australia Berdampak Positif Bagi Rupiah

Sebagai tambahan informasi, LCBSA ini merupakan bentuk kerjasama keuangan bilateral yang lazim dilakukan oleh bank sentral.

Perjanjian ini memungkinkan suatu bank sentral untuk mendapatkan valuta asing dari bank sentral mitra dengan cara saling mempertukarkan mata uang lokal masing-masing negara, untuk kemudian dipertukarkan kembali pada saat jatuh tempo yang telah disepakati.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×