kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Imbauan Luhut: Masyarakat Tanam Cabai untuk Menekan Inflasi


Rabu, 31 Agustus 2022 / 10:59 WIB
Imbauan Luhut: Masyarakat Tanam Cabai untuk Menekan Inflasi
ILUSTRASI. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau setiap kepala daerah untuk melalukan sosialisasi ke masyarakat untuk menanam cabai secara mandiri di pekarangan.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Inflasi menjadi momok tersendiri bagi sejumlah negara dunia. Tak terkecuali Indonesia. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau setiap kepala daerah untuk melalukan sosialisasi ke masyarakat untuk menanam cabai secara mandiri di pekarangan. 

Tujuannya agar bisa menekan laju inflasi yang akhir-akhir ini didongkrak oleh cabai merah hingga bawang merah.  

Luhut menjelaskan, cabai merah dan komoditas pangan lain menjadi penyebab inflasi cukup tinggi dan meminta para pemda agar mendorong masyarakat menanam cabai secara mandiri. 

Sejumlah bahan pokok seperti cabai dan bawang merah masuk dalam kelompok barang dengan harga volatil yang merupakan penyumbang terbesar inflasi belakangan ini. 

"Maksud saya ayo teman-teman semua untuk kita bersama-sama menjaga inflasi. Jangan terlalu yang canggih-canggih, pokoknya enggak kekurangan cabai, enggak kekurangan bawang, telur ayam, dan daging ayam," kata Luhut dikutip dari siaran kanal Youtube Kemendagri, Rabu (31/8/2022). 

Baca Juga: Wakil Ketua Dewan Kebijakan Fed Perkirakan Bunga Naik di Atas 3,5%

Kata Luhut, pemerintah terus berupaya untuk mengendalikan inflasi agar tidak meningkat ke level yang lebih tinggi lagi. Ia bahkan menargetkan agar inflasi tahun ini bisa ditekan ke bawah 7 persen. 

“Saat ini inflasi menjadi tantangan kita. Sekarang bagaimana kita hadapi inflasi ini agar bisa dimaintain di bawah 7 persen,” tutur Luhut. 

Menanam cabai maupun bawang merah, sambung Luhut, bukan perkara yang sulit, asal ada kemauan. Program tanam cabai di rumah pernah dipraktikan Luhut semasa menjabat sebagai Komandan Korem di Madium. 

“Saya minta tadi teman-teman Gubernur, Pangdam, Kapolda kita, ini barang yang waktu saya komandan korem tahun 92-92 di Madiun saya pernah bikin dulu di Hidroponik supaya pangan jangan sampai waktu itu kurang. Maksud saya ayo sama-sama kita jaga inflasi,” ungkap Luhut. 

Baca Juga: Proyeksi BI: IHK Akan Meningkat Terdorong Harga Energi Global

Dengan kemandirian tersebut, Luhut berharap inflasi di setiap daerah dapat terjaga. Selain itu, masyarakat juga menjadi lebih hemat karena bisa menghasilkan sendiri bahan-bahan pokok yang dibutuhkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tekan Inflasi, Luhut Minta Masyarakat Tanam Cabai Sendiri di Rumah"
Penulis : Muhammad Idris
Editor : Muhammad Idris

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×