kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hari ini, daftar pertanyaan debat pilpres dikirimkan ke Capres-Cawapres


Kamis, 10 Januari 2019 / 17:28 WIB
Hari ini, daftar pertanyaan debat pilpres dikirimkan ke Capres-Cawapres


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Daftar pertanyaan debat perdana pilpres akan dikirimkan ke masing-masing tim kampanye pasangan capres-cawapres pada hari ini, Kamis (10/1).

Menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi, 20 pertanyaan debat yang akan dikirim telah selesai disusun panelis dan ditinjau oleh KPU.

Sebanyak 20 pertanyaan itu mencakup empat tema debat, yaitu hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Dibuat 5 pertanyaan untuk setiap masing-masing tema.

"Formulasi yang kami susun pada hari ini adalah formulasi final dari daftar pertanyaan yang kami susun pada Sabtu pekan lalu. Pada intinya soal akan kami serahkan hari ini," kata Pramono usai rapat persiapan akhir debat perdana Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (10/1).

Dari 20 pertanyaan yang diberikan ke tim kampanye, hanya ada 1 pertanyaan yang akan disampaikan ke kandidat saat debat berlangsung. Pertanyaan itu disampaikan oleh moderator debat secara acak.

Pramono menjelaskan, pertanyaan tersebut bukan model pilihan ganda. Pertanyaan debat juga tidak menuntut kandidat untuk menghafal jawaban. Sesuai dengan tujuan debat, pertanyaan diberikan untuk menggali visi misi pasangan capres-cawapres.

"Dengan daftar pertanyaan yang bukan sama sekali multiple choice, dan juga bukan menuntut hafalan. Ini sama sekali bukan lomba pidato," ujar Pramono.

"Tapi memang ingin menggali visi misi para pemimpin calon presiden dan wapres ke depan," lanjut dia.

Debat perdana Pilpres 2019 akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kamis, 17 Januari 2019. Tema yang diangkat adalah hukum, HAM, terorisme dan korupsi. Peserta debat pertama adalah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Debat perdana ini akan disiarkan oleh empat lembaga penyiaran, yaitu TVRI, RRI, KOMPAS TV, dan RTV. Setelah debat pertama, debat kedua rencananya akan diselenggarakan 17 Februari 2019, debat ketiga 17 Maret, dan keempat 30 Maret 2019.

Sementara, debat terakhir belum ditentukan tanggalnya lantaran KPU dan tim kampanye masih akan mengecek jadwal masing-masing pasangan calon. (Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daftar Pertanyaan Debat Dikirim kepada Capres-Cawapres pada Hari Ini",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×