kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Beras Naik, Jokowi Mengaku Sudah Tegur Bulog


Selasa, 17 Januari 2023 / 15:57 WIB
Harga Beras Naik, Jokowi Mengaku Sudah Tegur Bulog
ILUSTRASI. Pedagang mengemas beras pesanan pembeli di Pasar Tradisional Masomba, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (13/1/2023). Harga Beras Naik, Jokowi Mengaku Sudah Tegur Bulog.


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah menegur Perum Bulog lantaran harga beras naik. Menurut Presiden, kenaikan harga beras tersebut harus perlu diwanti-wanti agar tidak merugikan masyarakat hingga bisa menjaga inflasi.

"Hati-hati dengan yang namanya kenaikan beras. Saya sudah dua hari yang lalu memperingatkan Bulog untuk masalah ini karena di lapangan 79 daerah beras mengalami kenaikan yang tidak sedikit," ujar Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) se-Indonesia dipantau secara virtual, Selasa (17/1/2023).

Bukan hanya soal beras, Jokowi juga menyoroti soal kenaikan harga telur, daging ayam ras, dan tomat. Jokowi mengatakan, ada 89 daerah yang harga telurnya mahal, 82 daerah yang mengalami kenaikan harga tomat, dan 75 daerah yang mengalami kenaikan harga daging ayam ras.

Baca Juga: Tahun 2023, Bulog Siap Lakukan Pengadaan CBP Sesuai Target

Oleh sebab itu, Jokowi meminta semua kepala daerah terus memantau harga barang dan jasa yang ada di lapangan.

Dengan demikian, menurut dia, inflasi Indonesia yang sudah terjaga dengan baik bisa terus dilanjutkan.

"Saya minta semua gubernur, bupati, wali kota bersama BI terus memantau harga-harga barang dan jasa yang ada di lapangan sehingga selalu terdeteksi sedini mungkin sebelum kejadian besarnya itu datang sehingga bisa kita kejar dan antisipasi untuk diselesaikan," kata Jokowi.

Baca Juga: Badan Pangan Nasional Ingin 70% Pengadaan CBP 2023 Rampung pada Juli atau Agustus

Sementara itu, dikutip dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), daerah yang harga berasnya paling tinggi ada di Kalimantan Tengah, yaitu Rp 16.650 per kilogram.

Kemudian mengenai telur, daerah yang harga telurnya paling tinggi ada di Kota Tarakan yakni Rp 45.000 dan di Papua yang dibanderol Rp 37.900 per kilogram

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Tegur Bulog gara-gara Harga Beras Naik",
Penulis : Elsa Catriana
Editor : Aprillia Ika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×