kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,11   -24,03   -2.49%
  • EMAS929.000 -0,11%
  • RD.SAHAM 0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.15%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.20%

Hadiri pertemuan tahunan BI, Jokowi ucapkan terima kasih atas peran BI


Rabu, 24 November 2021 / 14:14 WIB
Hadiri pertemuan tahunan BI, Jokowi ucapkan terima kasih atas peran BI
ILUSTRASI. Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih atas peran Bank Indonesia (BI) dalam penanganan pandemi virus corona (Covid-19).

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan terima kasih atas peran Bank Indonesia (BI) dalam penanganan pandemi virus corona (Covid-19).

BI bersama pemerintah dinilai memiliki peran penting dalam mengatur kebijakan selama pandemi. Pasalnya pandemi Covid-19 memunculkan sejumlah masalah termasuk berkaitan dengan inflasi.

"Harus kita teruskan dengan kehati-hatian karena mamang ketidakpastian itu ada dimana-mana, sulit diukur, sulit dilakulasi tapi kuncinya menurut saya bagaimana mengendalikan padnemi di negara kita karena masalahnya semakin kompleks, ketidakpastian juga semakin tinggi," ujar Jokowi saat menghadiri Pertemuan Tahunan BI, Rabu (24/11).

Jokowi menegaskan pengendalian pandemi Covid-19 menjadi kunci untuk memulihkan ekonomi. Hal itu terlihat dari merosotnya pertimbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal kedua dan ketiga.

Baca Juga: Jokowi sebut pengendalian pandemi satu-satunya cara memulihkan ekonomi

Pada kuartal kedua tahun 2021, ekonomi Indonesia tumbuh 7,07%. Sedangkan pada kuartal ketiga 2021, ekonomi Indonesia hanya tumbuh sebesar 3,51%.

"Kenapa bisa turun dari kuartal 2 ke kuartal ke-3, kita ingat bulan Juli kita PPKM darurat, 1 bulan penuh kita rem total karena peristiwa varian delta yang tidak kita sangka," kata Jokowi.

Meski begitu, Jokowi bilang, saat ini ekonomi sudah kembali bergerak. Hal itu seiring dengan kasus Covid-19 yang semakin melandai dan terkendali.

Indeks keyakinan konsumen sudah kembali normal sebelum pandemi. Retail and sales index pun mulai merangkak naik menguat seiring dengan pelonggaran mobilitas

Jokowi menambahkan, di sisi produksi terjadi peningkatan purchasing managing index manufactur sebesar 57,2. Angka tersebut lebih tinggi dari sebelum pandemi yang berada di angka 51.

"Artinya apa? Permintaan sudah ada dan semakin baik, kalau permintaan ada artinya apa? Manufaktur, pabrik, industri pasti berproduksi," jelas Jokowi.

Jokowi juga bilang, serapan cukai dan pajak telah lebih dari 100%. Jokowi meminta agar seluruh pihak tetap optimis meski pun perlu berhati-hati dalam kondisi saat ini.

 

Baca Juga: Investasi pulihkan ekonomi, Jokowi pasang target investasi untuk bupati dan walikota

Selanjutnya: Harga motor bekas Honda Spacy varian awal cuma Rp 4 jutaan per November 2021

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Tuntas Mendelegasikan Tugas Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale Batch 4

[X]
×