kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,64   -3,10   -0.31%
  • EMAS988.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Hadapi Risiko Global, Sri Mulyani: Kerja Sama Antar Negara Diperlukan


Kamis, 12 Mei 2022 / 13:16 WIB
Hadapi Risiko Global, Sri Mulyani: Kerja Sama Antar Negara Diperlukan
ILUSTRASI. Menkeu Sri Mulyani Indrawati menyatakan dalam menghadapi situasi global yang penuh risiko, kerja sama antar negara dibutuhkan.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam situasi global yang penuh risiko seperti saat ini, kerjasama antar negara menjadi keniscayaan. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan meski setiap negara memiliki kebijakan masing-masing yang disesuaikan dengan situasi negaranya, namun tidak berarti menjadi penghalang untuk bekerja sama dengan negara lain. Terlebih saat menghadapi risiko global sekarang ini.

“Pertama pada pandemi. Ini adalah krisis yang sangat mahal bagi kita semua. Jadi kita harus bekerja sama mencegah pandemi berikutnya,” kata Sri Mulyani dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/05).

Dalam hal ini, ia mengatakan, Indonesia sebagai Presidensi G20 bekerja sama dengan World Health Organization (WHO) dan Bank Dunia berusaha membentuk mekanisme pembiayaan multilateral baru untuk mendukung kerja WHO dan lembaga internasional lainnya.

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Ekonomi Indonesia Sudah Mulai Membaik

Sehingga, ke depannya,  akan mampu mengatasi pencegahan pandemi, kesiapsiagaan, dan respons kesenjangan pembiayaan.

Selain itu, kerja sama selanjutnya adalah terkait dengan bauran kebijakan. Sri Mulyani mengatakan, dari sisi fiskal semua negara berusaha mempercepat konsolidasi untuk melindungi masyarakatnya dari pandemi maupun dari inflasi, daya beli, dan kemakmuran.

Sri Mulyani menegaskan Indonesia akan terus bekerja keras untuk melakukan reformasi struktural dan memulihkan kesehatan APBN.

“Kerja sama itu diperlukan. Sementara di satu sisi kita harus melindungi ekonomi kita sendiri dan masyarakat tidak berarti dan tidak boleh menghalangi kita untuk bekerja sama,” imbuhnya.

Baca Juga: Pemerintah Akan Sesuaikan Postur APBN 2022, Tak Lagi Difokuskan untuk Pandemi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×