kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gubernur Riau yakin jalan tol Pekanbaru-Dumai akan perlancar arus ekspor impor


Jumat, 25 September 2020 / 16:27 WIB
Gubernur Riau yakin jalan tol Pekanbaru-Dumai akan perlancar arus ekspor impor
ILUSTRASI. Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 5.


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - PEKANBARU. Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan, jalan tol Pekanbaru - Dumai akan memperlancar arus ekspor impor. Sebab, Dumai merupakan kota pelabuhan yang menjadi pintu bagi aktivitas ekspor impor.

Tidak hanya di wilayah Provinsi Riau, kegiatan ekspor impor di Dumai juga berasal dari industri di provinsi lain di sekitar Dumai.

"Beroperasinya jalan tol Pekanbaru - Dumai akan mampu memperlancar akses ke Pelabuhan Dumai yang nantinya memperlancar arus ekspor dan impor," ujar Syamsuar saat peresmian jalan tol Pekanbaru - Dumai, Jumat (25/9).

Hal tersebut juga diyakini Syamsuar akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi nantinya. Selain kelancaran arus ekspor impor, Pelabuhan Dumai juga digunakan sebagai penyeberangan menuju Malaysia dan Thailand.

Baca Juga: Jokowi: Jalan Tol Pekanbaru-Dumai tarik minat investor

Syamsuar bilang, akses jalan tol juga akan digunakan untuk meningkatkan pariwisata. Terutama untuk pulau yang perlu melakukan penyebrangan dari Pelabuhan Dumai.

Meski begitu, Syamsuar meminta keterlibatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam kawasan jalan tol. Terutama di kawasan perisitirahatan atau rest area.

"Agar pengelolaan rest area dapat diprioritaskan kepada pelaku UMKM Riau," teranga Syamsuar.

Hal itu diyakini akan mampu menciptakan lapangan kerja di Riau. Pembangunan jalan tol Pekanbaru - Dumai juga akan memancing daya tarik investor.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan jalan tol Pekanbaru - Dumai yang baru diresmikan sudah mengundang minat investasi. Sejumlah investor berminat untuk membangin kawasan di sekitar jalan tol tersebut.

Selanjutnya: Menteri PUPR targetkan jalan tol Lampung-Pekanbaru tersambung tahun 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×