kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gempa Aceh akibatkan 22 orang meninggal


Rabu, 03 Juli 2013 / 08:22 WIB
Gempa Aceh akibatkan 22 orang meninggal
ILUSTRASI. Asing Banyak Melego Saham-Saham Ini Saat IHSG Rebound


Reporter: Dea Chadiza Syafina | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Hingga saat ini, data sementara dampak gempa Aceh menyebutkan, terdapat 22 orang meninggal dunia, 210 orang luka-luka, dan ribuan bangunan dan rumah rusak.

Sedangkan berdasarkan laporan dari BPBA Aceh Tengah, terdapat 10 orang meninggal, 140 orang luka-luka dan dirawat di RSUD, bangunan yang meliputi rumah, masjid, meunasah, kantor pemerintah yang diperkirakan mencapai 1.500 unit mengalami kerusakan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, beberapa ruas jalan juga mengalami longsor. Wilayah pengungsian tersebar di 10 titik. Sementara itu di Kabupaten Bener Meriah tedapat 12 orang meninggal, 70 orang di rawat di RSUD Bener Meriah dan puskesmas. Kerusakan bangunan dan rumah masih dilakukan pendataan.
 
Upaya penanganan gempa terus dilakukan. Kepala BNPB dari Posko Penanggulangan Asap di Pekanbaru telah memerintahkan penanganan dilakukan secara cepat. Saat ini tim BNPB, SRC PB, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan dan Kementerian PU berada di Bener Meriah untuk melakukan koordinasi dan kaji cepat.

"BNPB pagi ini mengirimkan satu helikopter Collibri TNI AU dari Pekanbaru ke Aceh untuk membantu penanganan gempa, khususnya di perbatasan antara Bener Meriah dan Aceh Tengah. Pagi ini juga, BNPB memberangkatkan pesawat CN 235 TNI AU untuk melakukan foto udara dan kaji cepat dari udara dampak kerusakan gempa," kata Sutopo melalui pernyataan tertulis yang diterima KONTAN pada Rabu (3/7).

Sutopo melanjutkan, BPBA, TNI, Polri, SKPD terkait dan relawan telah memberikan bantuan kepada korban. Pendataan masih dilakukan dan akan disampaikan terus kepada media. Sebelumnya, dua kali gempa susulan telah melanda di lokasi yang hampir sama dari gempa 6,2 skala richter kemarin siang. Kekuatan gempa susulan masing-masing mencapai 5,5 SR dan 5,3 SR.

Info Gempa Magnitude 5,5 SR, pukul 20.55 WIB dengan lokasi di 4,70 lintang utara, 96,69 bujur timur di 27 kilometer barat daya Kabupaten Bener Meriah, Nanggro Aceh Darussalam di kedalaman 10 Km. Gempa susulan kedua dengan kekuatan 5,3 SR, terjadi pada pukul 22.36 WIB, di lokasi 4,71 lintang utara, 96.69 bujur timur di 26 km barat daya Kabupaten Bener Meriah, Nanggroe Aceh Darussalam di kedalaman 10 Km.

Gempa susulan tersebut sangat dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di Bener Meriah dan Aceh Tengah. Masyarakat takut masuk ke dalam rumah dan memilih berada di luar rumah. Masyarakat yang rumahnya roboh menempati beberapa titik pengungsian. Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan waspada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×