kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

GBK mulai direnovasi Juni 2016


Senin, 02 Mei 2016 / 21:01 WIB
GBK mulai direnovasi Juni 2016


Reporter: Muhammad Yazid | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) menyatakan proyek renovasi Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta tengah dalam proses tahapan desain bangunan. Rencananya, konstruksi fasilitas olahraga untuk persiapan Asian Games 2018 ini akan dimulai Juni depan.

Basuki Hadimuljono, Menteri PU-Pera mengatakan, proyek renovasi GBK sedikit terkendala lantaran sebagiannya masuk dalam cagar budaya atawa heritage. Oleh karena, progres renovasi dibahas dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo untuk dipercepat prosesnya.

"Tadi sudah dikatakan Gubernur DKI Jakarta, kami diminta untuk ajukan izin mendirikan bangunan (IMB), nanti akan dibahas tim heritage DKI untuk dapat disetujui," kata dia usai mengikuti ratas, Senin (2/5).

Menurut Basuki, pihaknya akan segera menyiapkan dokumen-dokumen tersebut untuk dapat memenuhi ketentuan pembangunan. Nantinya, dokumen ini akan diajukan ke Pemprov DKI Jakarta.

Selain itu, dalam waktu dekat, untuk memperlancar tahapan persiapan dan pembangunan, pihaknya juga akan segera melakukan pengosongan kawasan GBK dari aktivitas cabang olahraga. "Kecuali cabang angkat besi karena akan ada kejuaraan Olimpyc di Brazil," kata Basuki.

Dia menargetkan, persiapan tersebut bisa diselesaikan pada Juni mendatang sehingga tahapan pembangunan bisa dimulai. "Mudah-mudahan nantu Juli atau Agustus 2017 semua kawasan sudah direnovasi termasuk landscape-nya," ujar dia.

Pramono Anung, Sekretaris Kabinet mengatakan, fasilitas pendukung untuk persiapan Asian Games 2018 sejatinya tetap berjalan sesuai rencana, baik di wilayah Jakarta, Jabaring Palembang, maupun yang ada di Jawa Barat. "Termasuk renovasi GBK. Karena GBK cagar budaya, tadi Gubernur DKI juga menyampaikan untuk dilakukan penyesuaian perbaikan yang lebih baik," kata dia.

Dalam ratas tadi, Presiden Jokowi mengingatkan renovasi GBK untuk menghilangkan pagar-pagar pembatas di sekitar GBK. Menurut Pramono, pagar tersebut mengurangi nilai estetika sekaligus menghambat akses antar lokasi di dalam komplek GBK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×