kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Firli Bahuri akan Penuhi Panggilan Dewas KPK Hari Ini


Senin, 20 November 2023 / 09:33 WIB
Firli Bahuri akan Penuhi Panggilan Dewas KPK Hari Ini
ILUSTRASI. Ketua KPK Firli Bahuri memberikan keterangan terkait penetapan dan penahanan Pj Bupati Sorong Yan Piet Mosso usai terjaring OTT di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (14/11/2023). KPK menahan enam orang tersangka di antaranya Pj Bupati Sorong Yan Piet Mosso dan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Papua Barat Patrice Lumumba Sihombing terkait kasus dugaan suap dalam pemeriksaan BPK di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya TA 2023 dengan barang bukti uang suap senilai Rp940 juta. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri disebut akan memenuhi panggilan Dewan Pengawas (Dewas) KPK pada Senin (20/11/2023) hari ini.

Anggota Dewas KPK Albertina Ho mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi dari Kepala Sekretariat (Kasek) Dewas bahwa Firli akan memenuhi panggilan Dewas.

Adapun Firli akan dimintai keterangan sebagai terlapor dugaan pelanggaran etik karena menemui dan memeras eks Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Baca Juga: Bareskrim Periksa Tiga Pegawai KPK Bersama Firli Bahuri

"Pak FB (Firli Bahuri) hari ini pukul 10.00 di Gedung ACLC (Anti Corruption Learning Center). Info yang saya dapat melalui Kasek Dewas, akan hadir," ujar Albertina saat dikonfirmasi, Senin.

Senada dengan Albertina, anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris menyatakan, Firli akan diperiksa Dewas pada hari ini.

"Sudah dikonfirmasi akan hadir oleh jajarannya," kata Syamsuddin.

Adapun empat pimpinan KPK telah dimintai keterangan oleh Dewas sebelumnya. Mereka adalah Nurul Ghufron, Alexander Marwata, Johanis Tanak, dan Nawawi Pomolango.

Pemeriksaan etik Firl berlarut-larut karena pensiunan polisi itu tak kunjung memenuhi panggilan Dewas. Sedianya, Firli dijadwalkan menjalani pemeriksaan pada Jumat (27/10/2023) lalu.

Namun, ia tidak hadir dan meminta pemeriksaan dilakukan pada Rabu (8/11/2023). Akan tetapi, pada hari yang ia tentukan sendiri, Firli justru tidak hadir dan memilih berdinas ke Nanggroe Aceh Darussalam.

Baca Juga: Soal Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK, Bareskrim Periksa SYL dan 2 Saksi Lainnya

Firli kemudian kembali dijadwalkan menjalani klarifikasi pada Senin (13/11/2023).

Namun, ia tidak hadir dengan alasan pada surat panggilan Dewas tertera jadwal klarifikasi hari Selasa. Padahal, Dewas telah mempercepat jadwal pemeriksaan tersebut menjadi hari Senin.

Pemberitahuan telah dilayangkan melalui email pada Jumat pekan sebelumnya. Selain proses etik, pertemuan dan dugaan pemerasan Firli dengan SYL juga diusut secara pidana oleh Polda Metro Jaya.

Dalam perkara itu, Firli masih berstatus saksi. Proses hukum berlarut-larut karena Firli juga berulangkali tidak menghadiri panggilan penyidik.

Sejauh ini, Firli telah diperiksa dua kali yakni pada 24 Oktober dan 16 November. Pada pemeriksaan yang kedua, Firli menutupi wajahnya di dalam mobil menggunakan tangan dan tas. Ia mencoba menghindari kamera wartawan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dewas KPK Sebut Firli Bahuri Akan Hadiri Pemeriksaan Etik Hari Ini"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×