kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Erick Thohir Optimistis Target Setoran Dividen BUMN di Tahun 2023 Tercapai


Kamis, 08 September 2022 / 14:16 WIB
Erick Thohir Optimistis Target Setoran Dividen BUMN di Tahun 2023 Tercapai
ILUSTRASI. Menteri BUMN Erick Thohir


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menargetkan dividen dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebesar Rp 49,1 triliun di tahun depan. Angka tersebut meningkat dari target yang diajukan sebelumnya yakni sebesar Rp 44,1 triliun.

Selain itu, jika dibandingkan dengan outlook setoran dividen BUMN di tahun ini, jumlah tersebut juga meningkat 22% dari Rp 40,4 triliun.

Menteri BUMN Erick Thohir optimistis, target setoran dividen BUMN tersebut bisa tercapai. BUMN pun telah menyiapkan sejumlah strategi untuk merealisasikan target tersebut.

Salah satu cara yang akan dilakukan BUMN adalah dengan efisiensi dan efektivitas. Selain itu BUMN juga melakukan perbaikan model bisnis untuk perusahaan-perusahaan BUMN.

“Insyallah untuk dividen 2023 pun kami coba melakukan efisiensi dan efektivitas, serta perbaikan bisnis model,” tutur Erick saat melakukan rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI, Kamis (8/9).

Baca Juga: Setoran Dividen BUMN Naik Jadi Rp 49,1 Triliun di 2023, Ini Kata Ekonom

Lebih lanjut dia bilang, jika dividen tersebut bisa mencapai target, artinya BUMN sudah mulai bangkit ke masa sebelum pandemi.

Sebelumnya, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan, target dividen BUMN tahun depan lebih besar  dipengaruhi oleh kinerja perekonomian tahun 2022 yang masih melanjutkan pemulihan, sehingga berkontribusi terhadap peningkatan aktivitas BUMN dalam perekonomian

Sehingga, seiring dengan perbaikan kinerja BUMN maka kinerja dividen pada tahun 2023 diperkirakan mengalami peningkatan dibanding periode sebelumnya.

“Kita mengharapkan terjadinya peningkatan dalam hal dividen (tahun 2023) dibandingkan sebelumnya,” tutur Febrio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×