kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.016,36   10,57   1.05%
  • EMAS980.000 -0,81%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Ekonomi Indonesia tahun ini diprediksi tumbuh 3,4%


Jumat, 05 November 2021 / 17:27 WIB
Ekonomi Indonesia tahun ini diprediksi tumbuh 3,4%
ILUSTRASI. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2021 tercatat 3,5% yoy.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2021 tercatat 3,5% yoy atau lebih rendah dari pertumbuhan pada kuartal II-2021 yang sebesar 7,07% yoy. 

Ekonom Bank Danamon Wisnu Wardana melihat, penurunan pertumbuhan ekonomi pada periode tersebut tak lepas dari adanya peningkatan kasus harian Covid-19.  “Varian Delta yang meningkat signifikan memengaruhi kondisi konsumsi rumah tangga, seiring dengan mobilitas yang menurun karena adanya restriksi ketat,” ujar Wisnu kepada Kontan.co.id, Jumat (5/11). 

Ke depan, Wisnu yakin, pertumbuhan ekonomi Indoneia akan terus membaik. Ia pun memperkirakan pertumbuhan ekonomi di sepanjang tahun 2021 akan bergerak di kisaran 3,4% yoy. 

Baca Juga: BPS: Sebagian besar lapangan usaha tumbuh positif

Perbaikan ekonomi ini juga ditunjukkan oleh beberapa indikator dini seperti tingkat mobilitas dan indeks pengeluaran yang menguat karena melandainya kasus Covid-19 dan juga progres vaksinasi yang makin tinggi. 

Namun, Wisnu memperingatkan agar Indonesia tetap waspada dengan ketidakpastian yang masih tinggi tekrait dengan mutasi Covid-19. Kalau ini terjadi, bisa-bisa pemerintah harus menerapkan restriksi ketat lagi. 

“Harapannya tidak ada peningkatan kasus yang membuat pemerintah mengetatkan restriksi untuk menanggulangi gelombang selanjutnya. Kami akan terus memonitor perkembangan ini,” kata Wisnu. 

 

Selanjutnya: Meleset dari target, ekonomi Indonesia cuma tumbuh 3,5% di kuartal III-2021

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×