kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonomi Global Goyah, Sri Mulyani: Ekonomi RI Tumbuh 5,2%-5,3% di Tahun Lalu


Senin, 23 Januari 2023 / 05:30 WIB
Ekonomi Global Goyah, Sri Mulyani: Ekonomi RI Tumbuh 5,2%-5,3% di Tahun Lalu


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - MALANG. Walau ekonomi dunia penuh ketidakpastian, ekonomi Indonesia pada tahun 2022 lalu masih bisa tumbuh lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi dunia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, hal itu tidak terlepas dari berbagai bantuan yang dianggarkan pemerintah melalui APBN di tengah tingginya gejolak perekonomian global.

Tahun 2022 memang menjadi tahun yang sulit bagi banyak negara di dunia. Melonjaknya harga berbagai komoditas akibat perang Rusia-Ukraina pada saat negara baru mencoba bangkit dari dampak pandemi Covid-19 menjadi penyebabnya.

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Pemerintah Tak Akan Siapkan Anggaran Khusus Bansos untuk 2023

Oleh karenanya, Sri Mulyani menuturkan, lembaga keuangan internasional berulang kali melakukan koreksi ke bawah terhadap proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia tahun lalu.

Bahkan, dalam laporan teranyarnya Bank Dunia memprediksi pertumbuhan ekonomi dunia hanya akan tumbuh 1,7% secara tahunan (year on year/yoy).

Proyeksi itu jauh lebih rendah dibanding dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sri Mulyani bilang, pertumbuhan ekonomi nasional sepanjang tahun lalu masih akan mencapai rentang 5,2% hingga 5,3%.

"Indonesia Alhamduillah, (pertumbuhan ekonomi) tahun kemarin 2022 karena baru akan dipublikasi BPS Februari kira-kira masih di 5,2%-5,3%. Itu jauh lebih tinggi dibandingkan dunia yang nyungsep di 1,7%," ujar dia dalam Seminar Ekonomi Nasional PC GP Ansor Malang, Minggu (22/1).

Wanita yang akrab disapa Ani itu menilai, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih terjaga di atas 5 persen merupakan hasil dari berbagai bantuan yang digelontorkan pemerintah melalui APBN. Contohnya anggaran jaring sosial berupa bantuan sosial yang digelontorkan pemerintah untuk masyarakat tertentu.

"Kita memberi bantalan daya beli. Anggaran bantuan sosial naik mendekati Rp 460 triliun, tahun in Rp 476 triliun," kata Sri Mulyani.

Selain itu, bantuan juga diberikan pemerintah dalam bentuk subsidi. Sebagaimana diketahui, pada tahun lalu harga minyak mentah dunia meroket, sehingga pemerintah perlu mengerek anggaran subsidi bahan bakar minyak (BBM) untuk menjaga daya beli masyarakat.

"Kita mensubsidi harga minyak lonjakan, subsidi kita dari Rp 152 triliun menjadi Rp 555 triliun, itu duit beneran loh," ujarnya.

Bantuan juga diberikan kepada pelaku usaha. Salah satu bentuk bantuan yang diberikan kepada pelaku usaha oleh pemerintah ialah program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Lewat program tersebut, pelaku usaha kecil bisa mendapatkan akses pembiayaan yang lebih murah. Sebab, pemerintah memberikan subsidi bunga.

"Semua instrumen APBN untuk jagain rakyat, yang kita tahu guncangan akan terus terjadi supaya ekonomi tetap bagus di atas, yang lain boleh gelap tapi tidak di Indonesia," ucap Sri Mulyani.

Baca Juga: Bank Indonesia Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Tahun 2023 Jadi 2,3%

Penulis : Rully R. Ramli
Editor : Yoga Sukmana

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi RI Jauh Lebih Tinggi Dibandingkan Dunia yang "Nyungsep"".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×