kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,28   13,06   1.31%
  • EMAS981.000 0,41%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Ekonom Prediksi Momen Tahun Baru Imlek Tak Kuat Ungkit Pertumbuhan Konsumsi


Selasa, 01 Februari 2022 / 15:41 WIB
Ekonom Prediksi Momen Tahun Baru Imlek Tak Kuat Ungkit Pertumbuhan Konsumsi
ILUSTRASI. Seorang warga keturunan Tionghoa membersihkan lilin di Vihara Ananda Avalokitesvara Rangkasbitung, Lebak, Banten, Senin (31/1/2022). Ekonom Prediksi Momen Tahun Baru Imlek Tak Kuat Ungkit Pertumbuhan Konsumsi.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pemulihan pertumbuhan konsumsi rumah tangga diramal berlanjut pada awal 2022, seiring dengan pemulihan mobilitas masyarakat pada awal tahun ini. 

Kepala ekonom Danareksa Research Institute (DRI) Rima Prama Artha memperkirakan, pertumbuhan konsumsi rumah tangga di kuartal I 2022 mampu mencapai 4,12% year on year (yoy). 

Ini lebih tinggi dari perkiraan pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada kuartal IV-2021 yang sebesar 2,54% yoy dan bila dibandingkan pada kuartal I-2021 yang pada waktu itu terkontraksi 2,23% yoy. 

Rima mengatakan, ada beberapa hal yang memengaruhi peningkatan pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada tiga bulan pertama tahun ini. 

Baca Juga: Besok Libur Imlek Tahun 2022, Ini Menu Khas yang Mendatangkan Keberuntungan

“Adanya peningkatan mobilitas masyarakat pada awal tahun dan sebenarnya juga karena basis pertumbuhan yang rendah pada kuartal I-2021,” ujar Rima kepada Kontan.co.id, Selasa (1/2). 

Hampir sama dengan kuartal IV-2021 yang didorong oleh momen Natal dan Tahun Baru, Rima melihat sebenarnya ada momen yang juga bisa menyundut pertumbuhan konsumsi rumah tangga di kuartal I-2022, yaitu adanya perayaan Tahun Baru Imlek. 

Meski perayaan Tahun Baru Imlek berdekatan dengan hari libur akhir pekan yang harusnya bisa mendorong aktivitas konsumsi, tetapi Rima ragu dampaknya pada konsumsi rumah tangga akan terasa karena ada peningkatan kasus harian Covid-19 varian Omicron. 

Baca Juga: Sambut Libur Hari Raya Imlek, Aplikasi Sewa Mobil Ini Beri Penawaran Menarik

“Harusnya berdampak karena kan hari libur dan ada hari libur kejepit. Tapi mungkin nggak terlalu besar dampaknya. Belum ada kasus Omicron, mungkin (perayaan Tahun Baru Imlek) jadi tidak berdampak (pada konsumsi rumah tangga),” tambah Rima. 

Namun ke depan, Rima berharap pertumbuhan konsumsi rumah tangga bisa meningkat secara bertahap sampai dengan kuartal IV-2022. 

Ia memperkirakan, pada tiga bulan terakhir tahun ini, motor penggerak pertumbuhan ekonomi domestik ini bisa tumbuh mencapai 5,53% yoy. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×