kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,05   4,30   0.48%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dua penyidik akan jadi saksi di sidang Ahok


Jumat, 13 Januari 2017 / 13:18 WIB
Dua penyidik akan jadi saksi di sidang Ahok


Sumber: TribunNews.com | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Dua orang anggota polisi dari Polresta Bogor akan dipanggil sebagai saksi di persidangan kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Selasa (17/1) mendatang.

Pemanggilan ini merupakan keputusan Majelis Hakim yang menengahi pihak saksi Willyuddin Abdul Rosyid yang menjadi saksi keempat di persidangan kelima Ahok, dengan pihak kuasa hukum Ahok. Di mana ada ketidaksesuaian data antara laporan dengan berita acara pemeriksaan (BAP). Di antaranya terjadi kesalahan ketik mengenai lokasi kejadian dan tanggal kejadian.

Dalam persidangan, Willyuddin mengaku, melaporkan Ahok setelah membaca diskusi di sebuah grup WhatsApp. Dia mengaku melihat video pidato Ahok secara penuh, berdurasi 1 jam 48 menit 32 detik.

Seorang kuasa hukum Ahok lalu mempertanyakan laporan saksi yang tercantum tanggal 6 September 2016 dengan lokus di Bogor, penodaan agama dengan TKP Tegallega, Bogor. Jadi bukan yang di Pulau Seribu.

Willyuddin menjawab, "tanggal 6 September 2016 itu saya lihat video yang di-upload sehingga saya kaji setelah kita download saya mengamati video itu di rumah saya di Tegallega".

Selanjutnya, kuasa hukum Ahok kembali menanyakan kronologis waktu menonton video pidato dengan kesesuaian peristiwa. Menurutnya, pidato Ahok baru berjalan pada 27 September 2016. Sehingga dipertanyakan bagaimana mungkin 21 hari sebelum peristiwa, saksi sudah bisa menonton di YouTube.

Willyuddin berdalih, mungkin yang mengetik BAP, yakni anggota Polri di Polresta Bogor salah ketik.‎

Akhirnya, majelis hakim memutuskan memanggil dua anggota Polri tersebut untuk dijadikan saksi dengan membawa buku register.

Menanggapi hal ini, Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Boy Rafli Amar tidak mempermasalahkan. "Jadi saksi di pengadilan itu tidak masalah, sepanjang hakim merasa penting untuk mengetahui dari penyidik yang menangani langsung," terang Boy Rafli Amar, Jumat (13/1).

Mantan Kapolda Banten ini menambahkan penyidik diperiksa menjadi saksi di pengadilan adalah hal yang biasa. "Biasa itu, kalau penyidik yang menangani suka dipanggil hakim untuk dimintai keterangan terkait bagaimana proses pemeriksaan," katanya.

(Theresia Felisiani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×