kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,29   1,65   0.18%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dua komisioner positif corona, KPU berharap tak pengaruhi tahapan pilkada 2020


Minggu, 20 September 2020 / 06:36 WIB
Dua komisioner positif corona, KPU berharap tak pengaruhi tahapan pilkada 2020
ILUSTRASI. Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di dalam gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta Pusat


Sumber: TribunNews.com | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua dan satu Komisioner KPU RI terkonfirmasi positif Covid-19 dalam waktu yang nyaris bersamaan.

Pihak KPU berharap kondisi tersebut tidak mempengaruhi maupun mengganggu tahapan penyelenggaraan Pilkada yang saat ini tengah berlangsung.

"Tentu kami berharap ini tidak akan mengganggu tahapan. Kami berharap ini tidak akan berpengaruh," kata Komisioner KPU RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi kepada Tribunnews.com, Sabtu (19/9).

Tapi Raka menjelaskan sebenarnya leading sector alias pihak yang memimpin pemilihan kepala daerah berada pada pundak KPU daerah baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Baca Juga: Sebelum dinyatakan positif Covid-19, Komisioner Pramono tugas bersama Ketua KPU

Sementara fungsi dan tugas KPU RI terhadap Pilkada lebih kepada persoalan regulasi, perumusan bentuk PKPU, pedoman teknis serta penerbitan surat - surat dinas dan surat edaran dalam rangka melakukan supervisi kepada KPU daerah.

"Karena Pilkada itu leading sectornya di daerah. Fungsi KPU RI itu lebih kepada regulasi, bentuknya PKPU, pedoman teknis, dan surat - surat dinas maupun edaran yang diterbitkan KPU RI dalam rangka supervisi KPU daerah," tuturnya.

Diketahui Ketua KPU RI Arief Budiman dinyatakan positif Corona pada tanggal 17 September 2020. Sementara Komisioner KPU RI Pramono Ubaid mengonfirmasi dirinya terpapar Corona berdasarkan hasil tes swab yang keluar pada hari ini (19/9).

Keduanya saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah dinas KPU di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan. Mereka tidak alami gejala apapun baik itu demam, flu, ataupun sesak napas.

Selanjutnya: Arief Budiman positif Covid-19, KPU menelusuri sumber penularan

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com berjudul: 2 Komisioner Positif Corona, KPU Berharap Tak Pengaruhi Tahapan Pilkada 2020

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Malvyandie Haryadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Strategi Penagihan Kredit / Piutang Macet secara Dini & Terintegrasi serta Aman dari Jerat Hukum

[X]
×