kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45836,05   3,30   0.40%
  • EMAS953.000 0,85%
  • RD.SAHAM -0.46%
  • RD.CAMPURAN -0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Arief Budiman positif Covid-19, KPU menelusuri sumber penularan


Sabtu, 19 September 2020 / 13:05 WIB
Arief Budiman positif Covid-19, KPU menelusuri sumber penularan
ILUSTRASI. KPU sedang menelusuri sumber penularan Covid-19 yang menjangkiti Ketua KPU Arief Budiman.

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Azis mengatakan, pihaknya sedang menelusuri sumber penularan Covid-19 yang menjangkiti Ketua KPU Arief Budiman. Hal ini dilakukan setelah Ketua KPU Sulawesi Selatan (Sulsel) Faisal Amir juga dinyatakan positif Covid-19 setelah berkontak dekat dengan Arief Budiman.

Viryan mengungkapkan, sebelum dinyatakan positif Covid-19, Arief sempat berkunjung ke Makassar. Saat itu, Arief dan Faisal Amir sempat berada dalam satu mobil. "Mas Arief dan Ketua KPU Sulsel satu mobil pada saat di Makassar," ungkap Viryan saat mengisi diskusi bertajuk Kampanye Pilkada di Tengah Pandemi Corona, Sabtu (19/9).

"Yang jadi penelusuran kami adalah kira-kira siapa yang menginfeksi siapa. Apakah dari Mas Arief kepada Pak Faisal atau Pak Faisal ke Mas Arief," tutur dia. selain Makassar, Arief Budiman juga sempat berkunjung ke Kota Depok (Jawa Barat) sebelum dinyatakan positif Covid-19.

Meski demikian, Viryan menegaskan bahwa protokol kesehatan sudah dijalankan dalam setiap kegiatan KPU. Kemudian, tes Covid-19 minimal dengan rapid test juga selalu dilakukan.

Baca Juga: Luhut: Saya bukan epidemiolog, saya hanya manajer yang baik

Viryan menuturkan, saat ini Arief dalam kondisi baik dan sedang menjalani isolasi mandiri di rumah dinas. "Pak Arif OTG. Badannya sehat, tidak ada keluhan berarti. Namun, kita tetap waspada," ujar Viryan pada.

Sebelumnya, Arief Budiman mengumumkan bahwa dirinya terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu diketahui usai Arief menjalani tes PCR atau swab test pada Kamis (17/9). "Tanggal 17 September malam hari melakukan tes swab untuk digunakan sebagai syarat menghadiri rapat di Istana Bogor tanggal 18 September dengan hasil positif," kata Arief melalui pesan singkat yang diterima Kompas.com, Jumat (18/9).

Sementara itu, Ketua KPU Sulawesi Selatan Faisal Amir beserta istrinya kini menjalani perawatan di RS Wahidin Sudirohusodo usai dinyatakan positif terpapar Covid-19. Beberapa hari sebelumnya, Faisal Amir mendampingi Ketua Ketua KPU RI Arief Budiman.

Baca Juga: Ketua KPU terkonfirmasi positif Covid-19, KPU terapkan Wfh sampai 22 September

Komisioner KPU Sulsel, Uslimin yang dikonfirmasi, Sabtu (19/9) mengatakan, Faisal Amir terpaksa dirawat di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar, karena kurang enak badan dan mengalami demam. “Dengan kurang enak badan itu, Pak Faisal Amir ke RS Wahidin Sudirohusodo untuk memeriksakan diri. Dari hasil pemeriksaan, Pak Faisal Amir beserta istrinya dinyatakan positif terpapar virus Covid-19 dan langsung mendapat perawatan,” ungkap dia.

Uslimin menuturkan, belum diketahui pasti Faisal Amir terjangkit Covid-19 di mana. Namun beberapa hari sebelumnya, Faisal Amir mendampingi Ketua Ketua KPU RI Arief Budiman yang melakukan kunjungan dinas di beberapa lokasi di Kota Makassar, Selasa (15/9).

“Tidak diketahui, siapa yang menjangkiti dan terjangkiti. Yang jelas, pak Arief Budiman dan Pak Faisal Amir dinyatakan positif Covid-19. Untuk mencegah penularan Covid-19 kian meluas, kami sudah meminta Dinas Kesehatan untuk melakukan pemeriksaan terhadap semua petugas di KPU di Sulsel,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Arief Budiman Positif Covid-19, KPU Telusuri Sumber Penularan.
Penulis: Dian Erika Nugraheny
Editor: Kristian Erdianto

Baca Juga: Kluster pilkada mulai muncul, pengumpulan massa saat kampanye sebaiknya dibatasi

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×