kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ditjen Pajak akan bahas ekonomi digital dengan otoritas Ppajak se-Asia Pasifik


Minggu, 11 Agustus 2019 / 19:42 WIB
Ditjen Pajak akan bahas ekonomi digital dengan otoritas Ppajak se-Asia Pasifik
ILUSTRASI. Kantor pelayanan pajak


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri digital semakin menjamur dengan berkembangnya perusahaan berbasis digital mulai dari e-commerce, media sosial, peer to peer (P2P) lending. Untuk ini Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) dijadwalkan akan menggelar diskusi dengan otoritas pajak se-Asia Pasifik dalam merumuskan skema ekonomi digital.

Pada tahun 2019, Ditjen Pajak dipilih sebagai tuan rumah Pertemuan Tahunan Kelompok Studi Administrasi dan Penelitian Pajak Asia (SGATAR) ke-49.

SGATAR didirikan pada tahun 1970 sebagai pemenang Konferensi Tingkat Menteri untuk Pembangunan Ekonomi Asia Tenggara di mana Indonesia, bersama dengan Filipina, Jepang. Kamboja, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam, merupakan pendirinya.

Baca Juga: Kebijakan pemblokiran IMEI tidak berlaku untuk laptop

Direktur Perpajakan Internasional Ditjen Pajak John Hutagaol menjelaskan pertemuan Internasional tersebut merupakan agenda tahunan yang sifatnya internal. Tujuan utama SGATAR adalah mempertemukan otoritas pajak yang saat ini beranggotakan 131 yurisdiksi.

John menegaskan pada dasarnya pertemuan ini adalah ajang antara yurisdiksi untuk menyampaikan perkembangan perpajakan mereka. Untuk pertemuan tahunan, untuk SGATAR akan mengangkat isu-isu perpajakan teraktual.

Forum pimpinan delegasi akan berdiskusi tentang perpajakan di era digital, pelaksanaan proyek Pangkalan Erosi dan Pergeseran Untung, peningkatan kapasitas di bidang belanja perpajakan dan manajemen keuangan, serta agenda pembaharuan reformasi perpajakan masing-masing anggota.

Baca Juga: Buat gebrakan, Bandung bakal kenakan pajak pemilik indekos di bawah 10 kamar

Di luar forum, pimpinan delegasi, topik yang akan dibahas adalah isu penetapan harga transfer dan prosedur persetujuan bersama, informasi transfer otomatis, dan layanan perpajakan berbasis digital.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×