kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.344.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Destry Damayanti Dicalonkan Lagi Jadi Deputi Gubernur Senior BI, Begini Kata Ekonom


Senin, 27 Mei 2024 / 14:48 WIB
Destry Damayanti Dicalonkan Lagi Jadi Deputi Gubernur Senior BI, Begini Kata Ekonom
ILUSTRASI. Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo merekomendasikan kembali Destry Damayanti sebagai calon tunggal Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI)  periode 2024-2029 untuk mendapat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual menyambut positif atas kembali dicalonkannya Destry sebagai calon tunggal Deputi Gubernur Senior BI. Menurutnya dari segi pengalaman, Destry mumpuni untuk kembali mengemban jabatan tersebut.

“Dari segi pengalaman, knowledge tentang moneter, perbankan dan sektor riil sangat mumpuni,” tutur David kepada Kontan, Senin (27/5).

Di samping itu, David juga menilai Destry sudah menguasai atau paham terkait persoalan BI, sehingga tinggal melanjutkan dan memperdalam kebijakan-kebijakan yang sudah ada selama ini.

Baca Juga: Jokowi Kembali Usulkan Destry Damayanti Jadi Calon Deputi Gubernur Senior BI

Senada, Chief Economist Bank Syariah Indonesia (BSI) Banjaran Surya Indrastomo menyampaikan, Destry masih mumpuni untuk kembali menjabat sebagai Deputi Gubernur Senior BI.

“(Destry) cocok (kembali jadi sebagai Deputi Gubernur Senior BI) dan paham isu serta permasalahan,” kata Banjaran.

Ia menyebut, tugas selanjutnya yang harus diselesaikan Deputi Gubernur Senior BI dalam 5 tahun ke depan adalah bagaimana mengembalikan alat likuid terhadap dana pihak ketiga (AL/DPK) menjadi 18% tanpa mengalami turbulensi pasar.

Sementara itu, Staf Bidang Ekonomi, Industri, dan Global Markets dari Bank Maybank Indonesia Myrdal Gunarto menyampaikan, tugas yang harus diselesaikan Deputi Gubernur Senior BI kedepannya adalah menjaga stabilitas nilai tukar rupiah yang bermanfaat untuk mendukung perekonomian domestik.

Baca Juga: BI Catat Kredit Properti Tumbuh 7,8% Per April 2024

“Terkait suku bunga yang bersahabat dengan pelaku bisnis maupun pasar untuk mendukung aktivitas perekonomian domestik,” kata Myrdal.

Di samping itu, pendalaman instrumen pasar keuangan juga perlu dilakukan untuk menopang devisa maupun stabilitas pasar foreign exchange (FX) dan pasar keuangan domestik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×