kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dampak corona bisa mengerek tingkat kemiskinan ke level dua digit


Selasa, 14 April 2020 / 19:52 WIB
Dampak corona bisa mengerek tingkat kemiskinan ke level dua digit


Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dampak dari wabah virus corona (Covid-19) secara perlahan mulai berimbas terhadap tingkat kemiskinan dan ketimpangan, terlebih dengan banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK).

Ekonom Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia Fajar B. Hirawan menilai, Indonesia akan mengalami guncangan yang hebat pada tingkat kemiskinan dan ketimpangan akibat pandemi Covid-19 ini.

"Berhentinya atau berkurangnya aktivitas ekonomi akibat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), sudah dapat terasa serta berimbas pada penerimaan perusahaan dan pendapatan masyarakat," ujar Fajar kepada Kontan.co.id, Selasa (14/4).

Baca Juga: BI ramal pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini sebesar 2,3%

Fajar melanjutkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terjun bebas di kisaran 0-2% tampaknya juga cukup untuk meningkatkan ketimpangan dan tingkat kemiskinan Indonesia di angka dua digit.

Ia menjelaskan, pada saat wabah SARS di tahun 2002-2003 dan MERS di tahun 2012-2013, dampaknya dirasa tidak terlalu besar terhadap tingkat kemiskinan dan ketimpangan.

"Pada September 2013 memang terjadi kenaikan tingkat kemiskinan sebesar 11,46% dari sebelumnya 11,36% di bulan Maret 2013. Pandemi Covid-19 sepertinya akan berdampak lebih hebat dibandingkan kedua wabah tersebut," paparnya.

Namun, Fajar menilai, stimulus fiskal yang diberikan sebesar Rp 405,1 triliun merupakan langkah awal yang bagus untuk meredam kenaikan tingkat kemiskinan dan ketimpangan yang lebih ekstrem.

Hanya saja, menurut Fajar, alokasi angaran sebesar Rp 110 triliun untuk jaring pengaman sosial memang seharusnya perlu ditingkatkan lagi, khususnya untuk skema bantuan langsung tunai (BLT).

Alasannya, karena akan ada masyarakat yang tadinya belum masuk ke zona miskin menjadi masuk ke zona miskin akibat wabah Covid-19. Selain itu, pemutakhiran data oleh Kemensos dan lembaga terkait juga perlu dipercepat, sehingga imbas Covid-19 dapat diminimalkan.

"Mengenai skema yang tepat terkait BLT, saya pribadi cenderung lebih memilih skema tunai dibandingkan cashless, sesuai dengan namanya yaitu bantuan langsung tunai," kata Fajar.

Skema ini dirasa lebih cocok, karena penerima akan lebih fleksibel dalam menggunakan uang yang diterima. Fajar juga meyakini bahwa mereka sudah memiliki prioritas transaksi atau pembayaran yang harus dilakukan setiap bulannya.

Baca Juga: Sri Mulyani: Dalam skenario lebih berat, kemiskinan bisa bertambah 3,78 juta orang




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×