kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,12   -8,25   -0.83%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar Kartu Prakerja gelombang 20 belum ditutup, buruan buka www.prakerja.go.id


Sabtu, 11 September 2021 / 07:10 WIB
Daftar Kartu Prakerja gelombang 20 belum ditutup, buruan buka www.prakerja.go.id
ILUSTRASI. Daftar Kartu Prakerja gelombang 20 belum ditutup, buruan buka www.prakerja.go.id


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID -  Jakarta. Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 20 di situs www.prakerja.go.id belum ditutup. Kesempatan mengikuti pelatihan dan mendapatkan insentif Prakerja masih terbuka lebar..

Merujuk situs www.prakerja.go.id hingga Sabtu 11 September 2021 pukul 07.05 WIB, program Kartu Prakerja gelombang 20 masih terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia. Belum diketahui kapan batas terakhir atau penutupan pendaftaran Prakerja gelombang 20.

Pastinya, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 20 ini akan menerima 800.000 pendaftar. Jumlah tersebut sama seperti penerima Kartu Prakerja gelombang sebelumnya.

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 20 hanya melalui link www.prakerja.go.id. Jika ada situs lain untuk pendaftaran Prakerja, dipastikan hal tersebut adalah hoaks.

Belakangan ini memang beredar sejumlah info link pendaftaran Kartu Prakerja. Namun, pendaftaran Kartu Prakerja tersebut bukan melalui link www.prakerja.go.id.

Kartu Prakerja merupakan program pemerintah untuk meningkatkan kemampuan para pekerja, terutama lulusan baru atau yang terkena PHK. Kali ini, program Kartu Prakerja sudah mencapai gelombang 20.

Baca juga: Jangan sampai gagal, ini cara daftar Kartu Prakerja gelombang 20 di Prakerja.go.id

Cara daftar program Kartu Prakerja gelombang 20 mudah dilakukan dengan menggunakan handphone (Hp). Berikut cara mendaftar Kartu Prakerja gelombang 20 melalui link www.prakerja.go.id. 

Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja menyatakan, pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang 20 telah dibuka hari ini, Kamis (9/9). "Hari ini jam 12.00 WIB kami akan membuka pendaftaran gelombang 20 dengan kuota 800.000 (penerima),” ucap Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu kepada wartawan, Kamis (9/9).

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan, pembukaan program Kartu Prakerja ini adalah bagian dari usaha pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak karena adanya pandemi Covid-19.

Adapun alokasi anggaran pelaksanaan program kartu prakerja pada semester dua tahun 2021 adalah Rp 10 triliun. “Dengan alokasi anggaran yang tersedia di semester 2 tahun 2021, Program Kartu Prakerja akan mampu memberikan bantuan kepada setidaknya 2,8 juta penerima yang terbagi dalam beberapa gelombang pendaftaran,” ujar Denni dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/8).

Sama seperti sebelumnya, kuota yang tersedia pada program Kartu Prakerja gelombang 20 ini adalah 800.000 orang. Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 20 hanya bisa dilakukan melalui link www.prakerja.go.id.

Baca juga: Daftar bantuan sosial dari pemerintah yang akan cair bulan September 2021

Selain link itu, dapat dipastikan palsu atau abal-abal, meski mengatasnamakan Kartu Prakerja. Bagi peserta yang sebelumnya telah mendaftar seleksi gelombang dan gagal, dapat mengikuti kembali tanpa perlu mengulangi proses pendaftaran dari awal.

Cara daftar Kartu Prakerja gelombang 20

Sebelum daftar program Kartu Prakerja gelombang 20, pastikan bahwa Anda telah memiliki akun Kartu Prakerja. Berikut cara membuat akun Prakerja:

  • Jika belum memiliki akun Kartu Prakerja, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun Prakerja di laman www.prakerja.go.id.
  • Pendaftar akan diminta untuk mengisikan alamat email, membuat password yang terdiri dari minimal 6 karakter, dan konfirmasi password (ketik ulang password).
  • Kemudian centang pernyataan di bawahnya, lalu klik "Buat Akun".
  • Nantinya, pendaftar akan mendapatkan verifikasi akun melalui email yang telah didaftarkan.
  • Buka email tersebut dan lakukan verifikasi dengan klik tautan yang telah dikirimkan via email. Akun Kartu Prakerja pun telah aktif.

Baca juga: Pendaftaran gelombang 20 kartu prakerja telah dibuka, kuota 800.000 penerima

Cara daftar Kartu Prakerja gelombang 20 jika sudah punya akun Prakerja:

Bagi yang sudah memiliki akun dan terdaftar, hanya perlu login di laman www.prakerja.go.id/ dengan menggunakan email dan password.

  • Selanjutnya, klik "Gabung" untuk mengikuti seleksi Kartu Prakerja.
  • Setelah berhasil membuat akun dan login ke akun Kartu Prakerja, pendaftar diminta untuk melakukan verifikasi KTP, nomor NIK, nomor KK, dan tanggal lahir. Selanjutnya klik "Berikutnya".
  • Jika ada kolom isian yang tidak tepat, pendaftar diminta untuk mengisi ulang.
  • Lalu lengkapi data diri Anda dan unggah foto KTP. Di bagian ini data yang diisikan yaitu alamat email, nama lengkap, alamat sesuai KTP, provinsi, kabupaten, kecamatan, alamat tinggal saat ini, jenis kelamin, pendidikan terakhir yang ditamatkan, status perkawinan, jumlah tanggungan, status kebekerjaan, topik pelatihan yang ingin diikuti.
  • Setelah terisi, unggah foto atau scan KTP di bagian kanan bawah dan klik kotak kiri bawah yang berisi: "Saya bersedia mengisi seluruh data yang dibutuhkan dengan sejujur-jujurnya". Lalu klik "Lanjutkan".
  • Proses selanjutnya adalah verifikasi nomor ponsel. Pendaftar akan dikirimi SMS berisi kode OTP lewat nomor yang terdaftar.
  • Usai mengisi kode OTP, klik "Kirim". Langkah selanjutnya adalah mengisi pernyataan pendaftar: "Apakah saat ini Anda menganggur?". Isi semua sampai selesai, lalu klik "Oke".

Tes motivasi dan kemampuan dasar

Tes ini merupakan rangkaian dari proses pendaftaran di Kartu Prakerja. Tujuannya adalah mengenali kompetensi dan potensi yang dimiliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

Klik "Mulai Tes Sekarang" untuk mengikuti tes. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi. Evaluasi biasanya memakan waktu maksimal 5 menit. Jika sudah 5 menit tapi belum ada perubahan, klik tombol "Refresh".

Itulah cara daftar program Kartu Prakerja gelombang 20 di link www.prakerja.go.id. Seperti diketahui, peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 3,55 juta. Bila dirinci, dana pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan dan insentif survei sebesar Rp 50.000 untuk tiga kali survei.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian nomor 11 tahun 2020, dijelaskan bila penerima Kartu Prakerja tidak melakukan pemilihan Pelatihan dalam jangka waktu 30 hari, maka penerima Kartu Prakerja dicabut kepesertaannya.

Demikian cara mendaftar Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id. Semoga Anda lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 20 dan mendapatkan pelatihan untuk menambah ketrampilan di dunia kerja/usaha.

Selanjutnya: Biar tidak gagal, ini kiat unggah KTP saat daftar Kartu Prakerja Gelombang 20

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×