kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cuaca buruk di Indonesia dipengaruhi siklon tropis


Jumat, 22 Desember 2017 / 13:34 WIB
Cuaca buruk di Indonesia dipengaruhi siklon tropis


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa Siklon Tropis TEMBIN di daratan selatan Filipina masih aktif dan meningkat intensitasnya dibandingkan kemarin. Ini masih mengakibatkan perubahan pola cuaca di beberapa wilayah di Indonesia di sekitar lintasannya.

Mulyono Rahadi Prabowo, Deputi Bidang Meteorologi BMKG mengatakan, saat ini siklon tropis TEMBIN berada di 7.7 °LU 125.6 °BT, atau sekitar 737 km utara-timur laut Manado, Sulawesi Utara, dengan tekanan minimum dan kecepatan angin maksimum di pusat sistemnya mencapai hingga 992 hPa dan 50 knot.

"Siklon Tropis TEMBIN diprediksi akan melemah dalam 12 jam ke depan diakibatkan dari posisinya saat ini yang memasuki daratan Filipina bagian selatan, namun pada 24 hingga 72 jam ke depan siklon tropis ini akan kembali menguat seiring dengan pergerakannya ke barat-barat laut dan memasuki Laut Cina Selatan barat daya Filipina," jelas Mulyono dalam keterangan resmi, Jumat (22/12).

Sedangkan Siklon Tropis KAI-TAK saat ini telah melemah menjadi Eks-Siklon Tropis KAI-TAK dengan posisi di 6.0 °LU 106.0 °BT, dengan jarak sekitar 832 km barat laut Pontianak, Kalimantan Barat. 

Dampak tidak langsung yang ditimbulkan Siklon Tropis TEMBIN dan Eks-Siklon Tropis KAI-TAK di antaranya potensi Hujan Sedang- Lebat di Wilayah Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Maluku Utara.

Kemudian berpotensi angin Kencang di Gorontalo dan Sulawesi Tengah dan berpotensi gelombang dengan tinggi gelombang 4- 6 meter di Laut Cina Selatan, Laut Natuna Utara, Perairan utara Kepulauan Anambas.

Selanjutnya berpotensi gelombang dengan tinggi gelombang 2,5 - 4 meter di perairan Kepulauan Natuna, Laut Natuna timur Kepulauan Anambas, Perairan utara Kepulauan Sangihe, Perairan Kepulauan Talaud, Laut Maluku bagian utara, Perairan utara Pulau Halmahera.

Lalu ada potensi gelombang Tinggi 1,25 – 2,5 meter di perairan utara Bangka Belitung, Selat Karimata, Perairan selatan Sulawesi Utara, Perairan Bitung – Manado, Perairan utara Sulawesi, Laut Sulawesi, Laut Halmahera.

Diperkirakan Siklon Tropis TEMBIN masih akan bertahan dalam dua hingga tiga hari ke depan. Masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang pohon tumbang dan jalan licin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×