kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,46   -4,42   -0.49%
  • EMAS953.000 -0,83%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Chatib Basri imbau agar pemerintah alihkan insentif pajak untuk BLT, ini alasannya


Selasa, 21 Juli 2020 / 03:58 WIB
Chatib Basri imbau agar pemerintah alihkan insentif pajak untuk BLT, ini alasannya
ILUSTRASI. Menteri Keuangan M Chatib Basri memberikan keterangan mengenai evaluasi perkembangan perekonomian global dan domestik 2013, serta kinerja realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2013 di Jakarta, Senin (6/1). Kompas/Priyombodo (PRI) 06-0

Reporter: Bidara Pink | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah tengah berupaya keras dalam menjaga perekonomian Indonesia yang tengah diterpa badai Covid-19. Pemerintah pun fokus dalam pengembangan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Menteri Keuangan periode 2013-2015 Muhammad Chatib Basri mengatakan, bantuan langsung tunai (BLT) merupakan program paling efektif untuk mengungkit perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Adakan sosialisasi di pasar rakyat, pesantren target gerakan pakai masker berikutnya

"BLT untuk lower middle income. Dibandingkan dengan bantuan sembako. Kalau dalam bentuk cash, ini akan jauh lebih efektif," kata Chatib, Senin (20/7) via video conference Kemnekeu Corpu Talk.

Chatib menambahkan, perekonomian Indonesia ini motor penggeraknya adalah konsumsi rumah tangga. Dengan pemberian uang tunai kepada masyarakat lower middle income, ini akan merangsang mereka untuk melakukan konsumsi.

Dengan meningkatnya konsumsi, maka ini akan merangsang permintaan untuk naik. Sambil menyelam minum air, dengan permintaan yang naik, maka permintaan kredit diprediksi bisa naik sehingga stimulus moneter yang telah digelontorkan oleh Bank Indonesia (BI) bisa semakin cepat diterapkan.

Baca Juga: Ini 10 kementerian/lembaga dengan pagu indikatif terbesar tahun 2021

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×