kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah korupsi, Kementerian PUPR luncurkan e-katalog sektoral


Jumat, 15 Oktober 2021 / 16:56 WIB
Cegah korupsi, Kementerian PUPR luncurkan e-katalog sektoral
ILUSTRASI. Kementerian PUPR meluncurkan e-katalog sektoral untuk mencegah korupsi.


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -   JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meluncurkan katalog elektronik (e-katalog) sektoral bidang sumber daya air dan bina marga.

Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Yudha Mediawan mengatakan, pelaksanaan katalog elektronik sektoral menjadi perhatian Menteri PUPR. Tujuannya agar pengadaan barang/jasa di Kementerian PUPR bisa lebih cepat dan transparan, sehingga mempercepat pembangunan infrastruktur untuk kepentingan rakyat.

“Melalui katalog elektronik sektoral ini, menjadi wujud nyata dukungan Kementerian PUPR pada upaya pencegahan korupsi,” ujar Yudha dalam penandatanganan kontrak payung katalog elektronik sektoral bidang sumber daya Air dan bina marga, Jumat (15/10).

Baca Juga: Menteri PUPR ajak Kadin terlibat aktif dalam pembangunan perumahan

Yudha menjelaskan, dalam pelaksanaan e-katalog sektoral, selama tahun 2021 Kementerian PUPR telah berhasil menayangkan empat kategori sektor PUPR di laman e-katalog LKPP.

Pertama, kategori air tanah air baku yang terdiri atas gun sprinkler. Kedua, kategori IPA mobil yang terdiri atas IPA Atmospheric Water Generator (AWG) dan IPA konvensional.

Ketiga, kategori jembatan rangka baja yang terdiri atas jembatan rangka baja darurat (jembatan rangka baja panel darurat tipe DSR2 bentang 30 m) dan jembatan rangka baja permanen (jembatan rangka baja permanen kelas A bentang 40 m-60 m dan jembatan rangka baja permanen kelas B bentang 40 m-60 m). Serta keempat, kategori mobile pump.

“Kategori beserta variasinya yang telah tayang dalam katalog elektronik tersebut telah dimanfaatkan dan dilakukan purchasing baik oleh Kementerian PUPR maupun oleh instansi pemerintah lainnya,” ujar Yudha.

Lebih lanjut, mengacu pada Peraturan LKPP No.9 Tahun 2021 tentang Toko Daring dan Katalog Elektronik, Proses Katalog Elektronik Sektoral Bidang Sumber Daya Air dan Bidang Bina Marga khususnya komoditas mobile pump, komoditas jalan jembatan dan komoditas preservasi jalan pada saat ini telah sampai pada proses penandatanganan kontrak.

Berdasarkan Hasil verifikasi, didapatkan 12 (dua belas) penyedia jasa yang ditetapkan memenuhi syarat sebagai penyedia jasa komoditas mobile pump, komoditas jalan jembatan dan komoditas preservasi jalan pada katalog eletronik sektoral Kementerian PUPR sebagai berikut :


1. PT Indo Teknik Pembangunan (mobile pump);

2. PT Panairsan Pratama (Alat Pengukur Kekuatan Jalan, dan Light Weight Deflectometer (LWD)).

3. PT Putindo Bintech (Cold Paving Hot Mix Asbuton / CPHMA);

4. PT Aspindo Mutual (Cold Paving Hot Mix Asbuton /CPHMA);

5. PT Pindad (Excavator 5,5 Ton dan Excavator 20 Ton);

6. PT Bisma Indo Raya (Rosin Ester dan Cat Termoplastik berbahan rosin ester);

7. PT Jasamarga Toll Road Maintanance (tambalan cepat mantap /TCM);

8. PT Kadi International (Perkerasan Lentur dan Bangunan Pelengkap);

9. PT Perwita Konstruksi (Perkerasan Lentur dan Bangunan Pelengkap);

10. PT Gala Karya (Perkerasan Lentur, Perkerasan Lentur (preventif), pekerjaan bangunan pelengkap, dan Drainase ;

11. PT Triasindomix (Perkerasan Lentur (preventif);

12. PT Duta Mega Perkasa (pekerjaan bangunan pelengkap);

Selanjutnya: Kementerian PUPR kebut pembangunan Trans Papua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×