kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Cara cek bansos Banyuwangi direkomendasikan Mendagri Tito Karnavian buat daerah lain


Minggu, 24 Mei 2020 / 04:21 WIB
Cara cek bansos Banyuwangi direkomendasikan Mendagri Tito Karnavian buat daerah lain
ILUSTRASI. Menteri Sosial Juliari P. Batubara bersama Inspektur Jenderal Kemensos Dadang Iskandar meninjau dan menyalurkan sembako kepada warga di RW 02 Kelurahan Srengseng Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat

Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - Penyaluran dana bantuan sosial alias (Bansos) untuk membantu masyarakat miskin dan rawan miskin yang membutuhkan saat ini menjadi sorotan.

Sebab dalam penyaluran tahap pertama terjadi ketidakakuratan data, sehingga sebagian masyarakat menerima bantuan secara beruntun, sementara ada warga yang sejatinya berhak menerima bantuan belum mendapatkanya.

Karena itulah peran serta masyarakat untuk melakukan cek bansos dan mengontrol dan memberikan masukan kepada pemerintah untuk mengoreksi data atau menambahkan data penerima bantuan menjadi sangat penting.

Baca Juga: Maaf! Lebaran 2020 ini Presiden Jokowi tidak mudik dan tidak menggelar open house

Cara inovatif untuk mengawal bansos itulah yang dilakukan oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dengan cek bansos Banyuwangi. 

Bahkan Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian berharap inovasi teknologi cek bansos Banyuwangi dengan menerapkan prinsip transparansi data dan peran aktif masyarakat tersebut dapat dicontoh oleh Kepala Daerah lainnya di Indonesia.

 

 

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian sebelumnya memberikan pujiian atas inovasi cek bansos Banyuwangi yang dilakukan oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas tersebut.

Baca Juga: Sedihnya Presiden Singapura Halimah Yacob pada Lebaran 2020 tanpa kumpul dengan cucu

Mendagri menilai inovasi cek bansos Banyuwangi tersebut cukup efektif dalam proses penyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Menurut Mendagri Tito Karnavian seperti dikutip akun instagram Kementerian Dalam Negeri, menyebut inovasi penyaluran bantuan sosial dengan cek bansos Banyuwangi tersebut, mampu mensinkronkan berbagai skema bansos yang diberikan di Kabupaten Banyuwangi baik bansos dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi ataupun pemerintah kabupaten.

SELANJUTNYA>>>

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×