kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,02   1,47   0.16%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BUMN gelar Corporate Communication and Sustainability Summit


Sabtu, 30 Januari 2021 / 12:39 WIB
BUMN gelar Corporate Communication and Sustainability Summit


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Badan Usaha Milik Negara menggelar BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2020-2021. Acara ini sebagai bentuk apresiasi atas kinerja baik yang telah sukses dilaksanakan insan Komunikasi dan Keberlanjutan di lingkungan BUMN sepanjang tahun 2020. 

Pada kesempatan yang sama, BCOMSS juga diharapkan menjadi ajang temu tahunan (summit) yang merupakan wadah saling bertukar informasi, berbagi inspirasi, sekaligus meningkatkan kinerja bersama di tahun berjalan.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, kepercayaan menjadi kunci terpenting dalam komunikasi dan keberlanjutan di lingkungan BUMN. Karena itu, Kementerian BUMN selalu menekankan pentingnya dipercaya oleh pemangku kepentingan (stakeholder).

"Saya harus kembali menggarisbawahi kalau bicara communications and sustainability tentu yang terpenting ialah kepercayaan, tidak mungkin kita bisa berkomunikasi dengan baik kalau kepercayaannya rendah, tidak mungkin kita lakukan sustainability yang baik tapi tidak dipercaya," kata dia dalam Video Conference, Jumat (30/1) malam.

Baca Juga: Kementan belum bahas Badan Otoritas Pangan, pengamat: Ada tarik ulur kepentingan

Erick menyampaikan, BUMN dituntut untuk memberikan kontribusi berupa pajak, dividen, hingga Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Dia bersyukur BUMN tetap mampu melakukan agenda-agenda sosial di tengah kondisi sulit akibat pandemi senilai Rp 2,7 triliun untuk membantu masyarakat.

Di sisi lain, kerja keras dan komitmen melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik turut memberikan citra positif bagi BUMN. Erick menambahkan, apresiasi terhadap BUMN tidak hanya datang dari masyarakat, juga datang dari industri pasar modal.

"Hasil persepsi publik sangat baik ke BUMN, bukannya GR (gede rasa), tapi 60% pemberitaan lumayan BUMN terlihat, 80% bahkan responsnya positif," terangnya.

Dalam penghargaan ini, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menjadi pemenang The Best of The Best Kategori Sustainability dan PT Pertamina menjadi The Best of The Best Kategori Communications.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, komunikasi menjadi kunci dalam kerja profesional. Sehingga apa yang disampaikan harus sesuai dengan apa yang dikerjakan. Tentunya ini harus dilandasi dengan niat yang baik.

"Masalah komunikasi inikan penekannya adalah bawah kita ini pekerja yang profesional. Profesional itu maka itu yang dikomunikasikan itu adalah sama dengan apa yang dikerjakan, dan yang dikerjakan harus sama dengan diniatkan. Karena yang diniatkan niat baik maka yang dikerjakan harus baik, yang diomongkan juga baik," jelasnya.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Pertamina Agus Suprijanto mengatakan, penghargaan ini menunjukkan komitmen Pertamina untuk mengenergi Indonesia. Selain itu, dia menambahkan, Pertamina juga berupaya untuk mendukung UMKM agar terlibat dalam peningkatan ekonomi dan usaha.

"Dan ini bisa berlangsung secara berkelanjutan, yang dilakukan pembinaan secara terus menerus. Jadi untuk menjadi perusahaan yang dipercaya stakeholder, kita bersama sama bergandengan stakeholder semua untuk membangun Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, citra BUMN yang konsisten positif, kinerja yang tetap memberikan kontribusi sempurna baik untuk pemerintah maupun rakyat, sampai peran strategis seluruh insan BUMN selama masa pandemi merupakan kinerja bersama yang patut diapresiasi. 

Baca Juga: Tekan impor, Presiden Jokowi minta optimalkan pemanfaatan aspal alam dalam negeri

Kesan baik dan penerimaan positif tersebut tidak lepas dari kompak dan konsistennya akselerasi serta penguatan dua aspek fungsi internal di seluruh BUMN.

"Pertama, bidang komunikasi publik dengan strategi amplifikasi konten dan pemberitaannya yang masif. Dan kedua, hadirnya program Keberlanjutan atau Corporate Social Responsibility yang lebih tepat sasaran, terstruktur, dan dikelola dengan baik," katanya.

Sebagai inisiator BCOMSS, dia mengungkapkan, dua hal tersebut secara langsung mengantarkan Kementerian BUMN bersama ratusan BUMN di dalamnya menduduki top of mind baik di mata publik maupun pemerintah. BCOMSS 2020-2021 merupakan ajang perdana yang diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi dan sarana temu serta tukar pikiran para praktisi komunikasi dan CSR BUMN.

"BCOMSS 2020-2021 mengadopsi format talkshow yang ditutup dengan apresiasi atau penganugerahan untuk BUMN dengan predikat kinerja terbaik untuk bidang Komunikasi Korporat dan Program Keberlanjutan," jelasnya.

Program kerja di bidang komunikasi dan keberlanjutan yang diajukan oleh perusahaan BUMN dinilai oleh dewan juri independen, untuk selanjutnya melalui tahap penapisan final oleh dewan juri yang terdiri dari Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, Deputi SDM dan TI Kementerian BUMN Alex Denni dan Executive Director of CECT Trisakti University Maria Rosaline. 

Sementara itu, juri grand final adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Effendi Gazali, Najwa Shihab dan J. Ansye Sopacua PhD Advisor UNDP Indonesia/Director SDG Academy Indonesia.

Selanjutnya: Laba bersih BRI Syariah (BRIS) melesat sebelum resmi merger

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×