kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BKPM kejar potensi investasi Rp 700 triliun pada tahun depan


Jumat, 13 Desember 2019 / 18:02 WIB
BKPM kejar potensi investasi Rp 700 triliun pada tahun depan
ILUSTRASI. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan terdapat lebih dari Rp 700 triliun potensi investasi di Indonesia. Hanya saja realisasinya mengalami hambatan. Dus, BKPM berusaha mendorong percepatan potensi investasi tersebut.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan sejak menjabat dua bulan lalu pihaknya telah menyelesaikan Rp 128 triliun potensi investasi tersebut. Jumat (13/12), BKPM menyelesaikan sengketa lahan antara PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) dengan Lotte Chemical yang bernilai investasi US$ 4,2 miliar.

Baca Juga: KRAS kerjasama dengan Lotte terkait lahan industri

Bahlil menuturkan, realisasi investasi PT Lotte Chemical Indonesia merupakan salah satu pekerjaan prioritasnya setelah menjabat sebagai Kepala BKPM. Masalah ini, katanya, telah rampung sebelum dirinya dan Presiden Joko Widodo bertolak ke Korea Selatan menghadiri KTT Asean.

Menurut rencana, proyek PT Lotte Chemical Indonesia di Cilegon, Banten, akan mulai groundbreaking pada Januari 2020. "Investasi tersebut dari 2020 sampai 2023 hingga mereka produksi," sebut Bahlil ditemui saat konferensi pers, Jumat (13/12).

Hambatan investasi masuk sangat banyak. Contoh kasus Lotte kata Bahlil, ialah masih menguatnya mafia tanah. Sementara problem pelik investasi yang menghambat lainnya meliputi regulasi yang tumpang tindih, perijinan hingga segudang masalah lainnya.

Baca Juga: Luhut: Saya menteri segala urusan karena ada alasannya

Oleh karena itu BKPM akan terus mendorong dan membantu investor berinvestasi di Indonesia. Bahlil berkomitmen akan membantu sebaik mungkin agar realisasi investasi tercapai dengan segera, paling tidak bulan ketujuh 2020 seluruh potensi investasi tersebut dapat terealisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×