kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45952,80   9,76   1.04%
  • EMAS1.014.000 -1,46%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

BKF: Pelonggaran pembatasan aktivitas dorong kinerja sektor manufaktur


Senin, 01 November 2021 / 17:54 WIB
BKF: Pelonggaran pembatasan aktivitas dorong kinerja sektor manufaktur
ILUSTRASI. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu. BKF: Pelonggaran pembatasan aktivitas dorong kinerja sektor manufaktur


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Indikator aktivitas manufaktur Purchasing Mangers Index (PMI) dari IHS Markit menunjukkan perbaikan yang signifikan. 

Lembaga tersebut mengungkapkan, PMI Manufaktur Indonesia berada pada angka 57,2 atau meningkat dari 52,2 pada bulan September 2021. Bahkan, ini tercatat tertinggi sejak survei dimulai pada April 2021. 

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio N. Kacaribu mengatakan, perbaikan kinerja manufaktur ini tak lepas dari melandainya kasus harian Covid-19. 

“Penurunan kasus Covid-19 berakibat pada pelonggaran pembatasan aktivitas, disinyalir telah menyebabkan peningkatan aktivitas sektor manufaktur bulan Oktober 2021,” ujar Febrio dalam keterangannya, Senin (1/11). 

Baca Juga: Permintaan meningkat, pengusaha optimistis sektor manufaktur bakal kian menggeliat

Febrio menjelaskan, per 31 Oktober 2021, kasus harian rata-rata sudah kembali ke tiga digit di angka 523 kasus harian dengan total 12.318 kasus aktif. 

Angka rata-rata vaksinasi harian juga menggembirakan, mencapai 2 juta suntikan per hari. Bahkan saat ini, sudah ada 73,8 ribu orang yang mendapatkan vaksinasi lengkap atau setara 35,44% dari total target 208,27 juta orang untuk mendapatkan herd immunity. 

Output dan permintaan baru di industri manufaktur mencatatkan rekor di bulan Oktober 2021 seiring dengan membaiknya situasi Covid-19. Meski demikian, permintaan ekspor baru masih mengalami kontraksi karena adanya gangguan pandemi dan hambatan pengiriman. 

Kabar baiknya, peningkatan industri manufaktur ini juga membuat penyerapan tenaga kerja kembali meningkat, pertama kali dalam empat bulan. Namun, akumulasi penumpukan pekerjaan masih sedikit meningkat karena kenaikan tenaga kerja masih belum signifikan. 

Baca Juga: Pengusaha yakin kinerja manufaktur bisa terus moncer, ini alasannya

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×