kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

BI: Optimisme konsumen pada akhir tahun 2019 meningkat


Selasa, 07 Januari 2020 / 16:45 WIB
BI: Optimisme konsumen pada akhir tahun 2019 meningkat
ILUSTRASI. Kontribusi Industri Ritel: Pegunjung berbelanja di salah satu Supermarket di Jakarta Selatan, Rabu (18/12). kontribusi industri ritel modern terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 10,41% dengan nilai Rp1.544 triliun dan tingkat pertum


Reporter: Umar Tusin | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Optimisme konsumen di pengujung tahun 2019 meningkat. Hasil survei konsumen yang dilakukan Bank Indonesia (BI) menunjukkan, Indeks keyakinan konsumen (IKK) Desember 2019 naik menjadi 126,4 dari bulan sebelumnya yang di level 124,2.

Peningkatan IKK ini disebabkan oleh peningkatan kedua komponen pembentuknya, yaitu Indeks Ekonomi Saat ini (IKE) yang naik 3,8 poin menjadi 113,1 dan Indeks Ekspetasi Konsumen (IEK) yang naik 0,5 poin menjadi 139,6.

Baca Juga: BI: Pendapatan konsumen pada bulan Desember 2019 meningkat

Meningkatnya IKE didorong oleh kenaikan seluruh komponen pembentuknya, terutama indeks ketersediaan lapangan kerja yang naik sebesar 6,6 poin menjadi 10,1. Kenaikan tersebut terjadi pada responden dengan pendidikan SLTA, dengan rentang usia 20-30 tahun dan 40-60 tahun.

Meningkatnya indeks ketersediaan lapangan kerja didorong oleh berlangsungnya pembukaan lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) serta seleksi CPNS yang berlangsung sampai Desember 2019.

Sama halnya dengan indeks ketersediaan lapangan kerja, pada bulan Desember 2019 indeks pembelian durable goods naik 3,9 poin menjadi 117,5.

Pembelian durable goods antara lain untuk produk elektronik, kendaraan, dan perabot rumah tangga yang didorong oleh maraknya promosi yang dilakukan oleh retailer pada akhir tahun 2019.

Baca Juga: BI: Optimisme konsumen naik di Desember 2019

Selain itu, indeks penghasilan saat ini mengalami peningkatan 1,1 poin dari bulan sebelumnya menjadi 120,7. Meningkatnya indeks penghasilan saat ini sebagian besar terjadi pada responden dengan pengeluaran Rp 3,1-4 juta per bulan, dengan rentang usia 51-60 tahun.



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×