kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45896,52   3,09   0.35%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Sebut Pj Gubernur Pengganti Ganjar Diputuskan pada Pekan Ini


Rabu, 30 Agustus 2023 / 14:14 WIB
Jokowi Sebut Pj Gubernur Pengganti Ganjar Diputuskan pada Pekan Ini
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo makan bersama dengan Gubernur Jawa Tengah yang juga bakal calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, penjabat (pj) Gubernur Jawa Tengah yang akan menggantikan Ganjar Pranowo akan segera diputuskan paling lambat pekan ini.

Hal itu disampaikan Presiden menanggapi akan habisnya masa jabatan Gubernur Ganjar Pranowo pada 5 September 2023.

Menurut Jokowi, saat ini nama-nama kandidat PJ Gubernur Jawa Tengah belum masuk kepadanya. "Belum, belum masuk ke meja saya. Nanti lewat mekanisme tim penilaian akhir (TPA). Belum," ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers usai mengunjungi SMKN Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (30/8/2023) sebagaimana dilansir siaran langsung YouTube KompasTV.

Baca Juga: Penyelesaian Masalah Polusi Udara, Jokowi: Butuh Kerja Total, Kerja Bersama

Baca juga: Pj Gubernur Banten Harap Ekonomi dan Keuangan Syariah Dapat Fasilitasi Kesejahteraan Masyarakat "Ya paling lambat Minggu ini mungkin kalau sudah masuk ke meja saya nanti kita putuskan," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Ganjar Pranowo dan wakilnya, Taj Yasin dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah pada 2018 lalu. Keduanya terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur berdasarkan Pilkada Jawa Tengah 2018.

Saat itu Ganjar terpilih untuk yang kedua kalinya memimpin Jawa Tengah. Ganjar dan Taj Yasin diusung oleh empat parpol yakni PDI-P, PPP, Nasdem, dan Demokrat.

Adapun selain Ganjar, ada 9 gubernur lain yang akan habis masa jabatannya pada September 2023. Mereka adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Gubernur Bali I Wayan Koster, Gubernur Papua Lukas Enembe, Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

Lalu ada pula Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi.

Baca Juga: BMKG: Cuaca Hari ini Pantura Jawa Tengah Panas, Suhu Udara Maksimal Hingga 34°C

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benny Irwan sebelumnya mengatakan, pihaknya saat ini sedang menghimpun nama-nama yang akan dijadikan kandidat penjabat (pj) gubernur.

Kemendagri sudah meminta usulan nama kandidat PJ gubernur dari DPRD provinsi maupun pemerintah pusat.

Benny menuturkan, setelah nama-nama akan dilakukan pembahasan awal untuk memastikan kandidat mana yang memenuhi syarat sebagai pj gubernur. Sebab, kata dia, ada sejumlah syarat untuk menjadi pj gubernur.

Syarat itu yakni individu harus menjabat sebagai pimpinan tinggi madya atau setingkat eselon I secara struktural.

Kemudian, pangkat individu harus 4C. Selain itu harus memiliki kinerja yang dinilai baik dalam dua tahun terkahir dan punya pengalaman di bidang pemerintahan.

Dari proses itu, diharapkan dapat terjaring tiga nama untuk menjadi kandidat pj gubernur setiap provinsi. Setelah itu, para kandidat akan diusulkan ke dalam sidang TPA yang akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soal Pj Gubernur Pengganti Ganjar, Jokowi: Paling Lambat Minggu ini Kita Putuskan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×