kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini hasil temuan tim Labfor Polri di TKP terkait blackout


Kamis, 08 Agustus 2019 / 22:34 WIB
Begini hasil temuan tim Labfor Polri di TKP terkait blackout


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polri menemukan adanya lompatan listrik dan pohon yang terbakar setelah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) terkait penyebab matinya listrik secara masal beberapa waktu lalu.

TKP adalah tower transmisi di Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (6/8).

Baca Juga: Saran Chairman Persatuan Insinyur ke PLN soal kejadian blackout

"Dari hasil tim labfor di TKP, yang di unit pembagian beban Ungaran itu sudah diteliti. Dugaan sementara, ada flash, betul. Kemudian ada loncatan listrik itu betul. Kemudian pohon yang terbakar itu juga betul," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (8/8).

Selanjutnya, tim akan melakukan penelitian terhadap 225 pembangkit di sepanjang jalur tower tersebut hingga ke Jakarta, dan memeriksa sejumlah saksi di lokasi tersebut.

Tim investigasi yang dibentuk Polri akan bekerja selama dua pekan. Pada tahap pertama, penyebab awal terkait pemadaman listrik tersebut akan diumumkan di pekan pertama.

Baca Juga: Ombudsman soroti sejumlah aspek terkait pemadaman listrik PLN

Setelah itu, hasil investigasi secara komprehensif akan disampaikan di pekan kedua masa kerja tim tersebut. 

Selain Labfor, tim tersebut juga melibatkan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Inafis, dan sejumlah saksi ahli dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, ESDM, Institut Pertanian Bogor (IPB), dan seorang pakar kelistrikan bernama Rizal.

"Itu dalam rangka untuk mendalami proses kelistrikan dan tidak menutup kemungkinan apakah dalam proses investigasi ini ditemukan bentuk pelanggarannya, baik pidana, administrasi, ataupun pelanggaran lainnya," ungkapnya.

Baca Juga: Meski dilanda blackout, PLN terus menerangi daerah 3T

Dalam melakukan investigasi, tim dari Polri akan terus berkoordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN). (Devina Halim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Temuan Tim Labfor Polri di TKP Terkait "Blackout"", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×