kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,10   -7,25   -0.78%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini Arah Kebijakan KSSK Hadapi Pandemi pada 2022


Rabu, 02 Februari 2022 / 19:04 WIB
Begini Arah Kebijakan KSSK Hadapi Pandemi pada 2022
ILUSTRASI. Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) menyampaikan paparan dalam rapat kerja bersama Komite IV DPD RI di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (24/1/2022).


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani sekaligus Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) mengungkapkan, kombinasi kebijakan fiskal dan moneter yang efektif menjadi kunci dalam menghadapi dinamika pandemi Covid-19 secara global di 2022.

Selain itu, di 2022 ini, kombinasi kedua kebijakan tersebut juga sekaligus menjadi bagian dari upaya mengimplementasikan exit strategy secara bertahap. Serta akan diperkuat lebih lanjut melalui sinkronisasi dengan kebijakan makroprudensial, mikroprudensial, dan penjaminan simpanan.

“Sehingga KSSK akan terus memperkuat koordinasi dan sinergi,” tutur Sri Mulyani dalam konferensi pers KSSK, Rabu (2/2).

Baca Juga: Bos BI Tekankan Masih akan Tahan Suku Bunga Acuan di Level Terendah

Adapun, KSSK menurutnya akan selalu mengeluarkan kebijakan yang adaptif dengan dinamika pandemi Covid-19. Setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh lembaga di dalam KSSK akan dikalibrasikan sehingga semakin menguatkan sektor keuangan serta perekonomian domestik.

Sebelumnya, di awal pandemi kebijakan KSSK lebih berorientasi pada menjaga daya beli masyarakat dan mendukung ketahanan dunia usaha. Di tahun kedua pandemi atau di 2021, KSSK mulai menjaga momentum pemulihan ekonomi yang sudah dimulai pada akhir 2020.

“Ke depan, upaya percepatan pemulihan terus dilakukan dengan mewaspadai efek rambatan dari kompleksitas kebijakan antarnegara akibat pemulihan ekonomi yang tidak merata, tekanan inflasi, dan supply disruption,” jelasnya.

Baca Juga: KSSK Mencatat Sederet Persoalan yang Menjadi Ancaman Ekonomi Indonesia

Kompleksitas kebijakan antar negara baik dari sisi moneter maupun fiskal tersebut berpotensi memicu dinamika arus modal antarnegara. Akibatnya bisa memberikan dampak lanjutan pada volatilitas nilai tukar rupiah dan pasar keuangan.

Lebih lanjut, Ia menilai dengan berbagai dinamika global tersebut, dan kebutuhan untuk mulai melakukan exit strategy secara bertahap seiring tren pemulihan ekonomi domestik, tantangan di dalam perumusan kebijakan akan semakin tinggi lagi ke depannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×