kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.383.000 0,36%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Bawaslu Sebut Dokumen Transaksi Mencurigakan dari PPATK Bersifat Rahasia


Selasa, 19 Desember 2023 / 17:33 WIB
Bawaslu Sebut Dokumen Transaksi Mencurigakan dari PPATK Bersifat Rahasia
Konferensi pers?Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) di Jakarta, Selasa (19/12/2023).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja mengkonfirmasi bahwa pihaknya telah menerima dokumen yang berisi temuan transaksi keuangan mencurigakan dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Namun, Bagja enggan mengungkap apa saja detil isi dari dokumen/informasi yang disampaikan PPATK. Hal tersebut berkenaan dengan sifat dokumen yang sangat rahasia/.

"Bawaslu menerima surat tersebut, hanya kami sampaikan bahwa surat tersebut bersifat sangat rahasia," kata Bagja dalam Konferensi Pers di Kantor Bawaslu, Selasa (19/12).

Baca Juga: Jokowi Minta Temuan Transaksi Keuangan Mencurigakan Jelang Pemilu Diproses Hukum

Bagja memastikan apabila dalam laporan yang disampaikan PPATK ditemukan adanya indikasi pelanggaran pemilu maka pihaknya akan meneruskan hal tersebut kepada aparat penegak hukum, dalam hal ini kepolisian dan kejaksaan.

Demikian juga apabila ada indikasi pelanggaran dari sisi dana kampanye maka, Bawaslu akan meneruskan kepada Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu).

"Jika ada indikasi pelanggaran pemilu maka akan kami teruskan dengan aparat penegak hukum khususnya kepolisian dan kejaksaan. Jika berkaitan dengan dana kampanye maka kami akan sampaikan kepada Sentra Gakumdu," imbuhnya.

Bersama dengan Sentra Gakumdu Bawaslu akan melakukan koordinasi dan juga pemantauan terhadap proses-proses dalam penyusunan dan juga laporan awal dana kampanye (LADK), Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK), dan laporan dana kampanye.

Bagja menambahkan, pihaknya juga mengimbau kepada peserta pemilu untuk mematuhi tata cara prosedur, mekanisme yang terkait administratif pembukuan dan pelaporan dana kampanye sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Diantaranya dengan memastikan pembukuan dan pelaporan dana kampanye meliputi laporan awal dana kampanye, pelaporan pemberi sumbangan dana kampanye (LPSDK), laporan penerimaan dan penggunaan dana kampanye (LPPDK). Adapun laporan tersebut diminta disusun secara lengkap dan dilaporkan sesuai periode yang ditentukan.

Baca Juga: KPU dan Bawaslu Bakal Dalami Temuan PPATK Soal Transfer Masif Jelang Pemilu

Selanjutnya Bawaslu meminta peserta pemilu melakukan pembukuan dan pelaporan dana kampanye pemilu sesuai undang-undang (UU). Bawaslu mengingatkan agar informasi identitas penyumbang dengan jelas tercantum, serta jumlah nominal sumbangan dana kampanye tidak melebihi batasan.

Bawaslu juga mengingatkan bahwa, dana kampanye tidak boleh berasal dari sumber yang dilarang (ilegal). Kemudian kelebihan dana sumbangan kampanye tidak boleh digunakan dan melaporkan semua kelebihan tersebut untuk diserahkan ke kas negara. Serta harus ada kesesuaian penerimaan dan pengeluaran dana kampanye dalam LADK, LPSDK dan LPPDK dengan bukti penerimaan dana atau pengeluaran dana kampanye.

Berkenaan dengan informasi PPATK, Bawaslu meminta peserta pemilu dan partai politik untuk patuh dalam gunakan Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK) baik dalam penerimaan maupun pengeluaran dana kampanye.

"Kami ingatkan juga peserta pemilu termasuk calon anggota legislatif melakukan konsolidasi dalam pencatatan dan pemasukan dan aktivitas dana kampanye melalui RKDK sesuai tingkatan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×