kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.026,34   9,98   0.98%
  • EMAS975.000 -0,51%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Bantah Bansos untuk Tekan Inflasi, Begini Penjelasan Dirjen Anggaran Kemenkeu


Jumat, 08 April 2022 / 13:14 WIB
Bantah Bansos untuk Tekan Inflasi, Begini Penjelasan Dirjen Anggaran Kemenkeu
ILUSTRASI. Bantah Bansos untuk Tekan Inflasi, Begini Penjelasan Dirjen Anggaran Kemenkeu


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata mengatakan, sejumlah program bantuan sosial (bansos) yang dikeluarkan pemerintah pada bulan ini bukan untuk menekan inflasi atas harga-harga pangan dan energi yang sedang naik.

Akan tetapi, menurutnya, sejumlah bansos yang dikeluarkan untuk memantau sejauh mana pergerakan inflasi tersebut, juga untuk menjaga daya beli masyarakat utamanya masyarakat miskin.

“Sehingga (dengan bansos selama 3 bulan tersebut) kita bisa merespon secara proper untuk. menekan daya beli. Kalau untuk menekan inflasi kita butuh program lain untuk mengendalikan inflasinya itu sendiri,” tutur Isa dalam Media Briefing: BLT Minyak Goreng, Jumat (8/4).

Baca Juga: Bantuan Tunai untuk PKL dan Warung Telah Disalurkan Terhadap 347.000 Penerima

Selain itu, dengan sejumlah bansos yang dikeluarkan saat ini, lanjut Isa, pemerintah juga bisa mengukur apakah bantuan tersebut secara tepat. Sehingga pemerintah bisa memperkirakan apakah bantuannya harus dilanjutkan atau tidak ke depannya.

“Kita lihat apakah kemudian dengan bansos selama 3 bulan itu sudah cukup untuk merespon harga-harga yang terjadi, nantinya kita evaluasi lagi,” jelasnya.

Selain itu, faktor lain seperti kondisi saat ini yang masih dalam ketidakpastian juga menjadi ukuran pemerintah untuk respons, dan ukuran keputusan pemerintah untuk memperpanjang bansos.

Baca Juga: Pemerintah Targetkan Pembagian BLT Minyak Goreng Rampung Sepekan Sebelum Lebaran 2022

Adapun, Isa juga memastikan anggaran tambahan bansos ini dikeluarkan dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), karena rumpun bansosnya berasal dari bansos pangan dan Program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW), sehingga anggaranya sudah dukup untuk mengcover bansos tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era Data Analysis with Excel Pivot Table

[X]
×