kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45880,84   -5,34   -0.60%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Indonesia Isyaratkan Biaya Transfer BI Fast Akan Turun dari Rp 2.500


Senin, 18 Juli 2022 / 09:47 WIB
Bank Indonesia Isyaratkan Biaya Transfer BI Fast Akan Turun dari Rp 2.500
ILUSTRASI. BI memberikan sinyal akan menurunkan biaya transfer antar bank lebih murah lagi dengan BI Fast.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - NUSA DUA. Bank Indonesia (BI) memberikan sinyal akan menurunkan biaya transfer antar bank lebih murah lagi dengan BI Fast.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Filianingsih Hendarta mengatakan, saat ini transfer antar bank dengan BI Fast sebesar Rp 2.500 per transaksi. Sementara itu, jika melakukan transfer dengan bank umum dikenakan biaya sebesar  Rp 6.500 per transaksi. 

Filli memperkirakan biaya transaksi dengan BI Fast bisa turun dari biaya yang dikenakan saat ini. Namun dia belum menyebutkan lebih detail kapan biaya transfer tersebut akan diturunkan. 

Baca Juga: Respons Isu Global, Begini Kebijakan BI

"Saat ini biaya transfer antarbank BI Fast Rp 2.500, sementara (bank umum) Rp 6.500. Tapi mungkin suatu hari nanti (BI Fast) bisa di bawah Rp 2.500," tutur Fili dalam rangkaian Side Event G20: Digital Finance to Support Financial Inclusion di Nusa Dua, Bali, Sabtu (16/7).

Fili menilai transfer dengan BI Fast sangat menguntungkan pengguna, sebab biaya transfer menjadi turun lagi. Meski begitu, dia  memastikan tidak ada penurunan fee based income perbankan alias pendapatan bank di luar pendapatan dari bunga kredit, lantaran volume transaksinya naik.

Baca Juga: BI Prediksi Peserta BI Fast Bakal Terus Bertambah

“Ini keuntungan di publik. Dulu sebelum ada BI Fast konsumen harus membayar Rp 6.500, sekarang hanya Rp 2.500, ada save Rp 4.000,” ujar Fili. 

Dia menambahkan, meskipun biaya transfer antarbank menurun dengan adanya BI Fast, volume transaksi di perbankan malah meningkat pesat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×