kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Bahlil Optimistis Target Investasi Rp 1.200 Triliun pada Tahun Ini Dapat Tercapai


Kamis, 07 Juli 2022 / 09:42 WIB
Bahlil Optimistis Target Investasi Rp 1.200 Triliun pada Tahun Ini Dapat Tercapai
ILUSTRASI. Pemerintah menargetkan realisasi investasi sebesar Rp 1.200 triliun pada tahun ini.. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menargetkan realisasi investasi sebesar Rp 1.200 triliun pada tahun ini.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia optimis target realisasi investasi pada tahun 2022 sebesar Rp 1.200 triliun dapat tercapai.

“Sampai dengan kuartal IV, insyaallah akan tercapai. Sampai sekarang insyaalah masih on the track, target Rp. 1.200 triliun masih oke,” kata dia pada media di Surakarta, Kamis (7/7).

Meski kata Bahlil saat ini proyeksi pertumbuhan ekonomi masih cukup berat imbas dari dampak pandemi dan krisis global. Namun kata dia capaian investasi masih dapat dijaga.

Baca Juga: Bahlil Sebut Banyak Negara Tertarik Investasi untuk pembangunan IKN Nusantara

Lebih lanjut Bahlil juga mengatakan pihaknya akan terus mengejar eksekusi proyek – proyek yang sudah mendapatkan fasilitas insentif fiskal tax holiday demi mencapai target investasi Rp 1.200 triliun pada 2022.

“Di tahun 2022, kami sudah menyiapkan langkah strategis diantaranya mengeksekusi investasi yang sudah dapat fasilitas insentif tax holiday, totalnya sekitar Rp 1.300 triliun,” jelas Bahlil.

Bahlil menjelaskan, memang ada kendala dalam eksekusi proyek yang telah mendapatkan insentif tax holiday. Oleh karena proyek ini belum terealisasi hingga saat ini.

“Ada kendala masalah perizinan, lahan, masalah di masa konstruksi hingga financial closing di bank, oleh karenanya kita sedang siapkan strategi,” tambah dia.

Dengan kendala tersebut, Kementerian Investasi terus melakukan pendampingan secara end to end agar investasi segera terealisasi.

Baca Juga: Menteri Investasi Bahlil Sebut Pemulihan Ekonomi Global Jadi Perhatian Khusus G20

Menurut Bahlil, upaya yang dilakukan itu ibarat permainan sepakbola untuk bertahan dan menyerang. Dengan kata lain, selain mencari investasi dari luar negeri, pemerintah juga mendorong realisasi investasi yang sudah masuk di dalam negeri.

Tahun 2021, realisasi investasi mencapai Rp 901,02 triliun melampaui target yang diminta Presiden Jokowi sebesar Rp. 900 triliun. Sementara di tahun 2022, realisasi investasi ditargetkan bisa mencapai Rp 1.200 triliun untuk bisa mengejar pertumbuhan ekonomi di atas 5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×