kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Badan Pangan Nasional: Penyaluran Bansos Beras di 10 Provinsi Telah Rampung


Minggu, 23 April 2023 / 13:50 WIB
Badan Pangan Nasional: Penyaluran Bansos Beras di 10 Provinsi Telah Rampung


Sumber: Kompas.com | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo mengungkapkan, pendistribusian bantuan pangan beras kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terus digenjot pemerintah semaksimal mungkin. 

Dia membeberkan, sampai dengan 20 April 2023 kemarin, tercatat pendistribusian bantuan pangan beras tahap pertama telah mencapai 71% atau lebih dari 151.925 ton dari total penyaluran sebanyak 213.530 ton. 

“Berdasarkan jumlah tersebut, Bulog telah menyalurkan bantuan pangan beras ini kepada sekitar 15,1 juta KPM yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia. Jumlah ini masih akan bertambah, karena Bulog masih melakukan pendistribusian," ujarnya dalam siaran resminya, Sabtu (22/4). 

Baca Juga: Bansos Pangan: Bantuan Beras 151.000 Ton, Bantuan Telur dan Daging Ayam 74.000 Paket

"Berdasarkan data yang dihimpun sebut dia, tercatat 10 provinsi telah menyelesaikan penyaluran bantuan pangan beras, yaitu Aceh, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Papua, Papua Barat, Papua Selatan, dan DKI Jakarta. 

“Tercatat 10 provinsi realisasinya sudah 100%. Untuk provinsi lainnya masih terus dikebut. Beberapa (provinsi) sudah di atas 80%, seperti Sulawesi Tenggara, Jawa Timur, Papua Barat Daya, Jawa Tengah, Riau, dan DI Yogyakarta,” paparnya. 

Arief mengatakan, dalam pendistribusian bantuan pangan beras ini, Bulog mengoptimalkan stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di 26 Kantor Wilayah di seluruh Indonesia. Bulog juga bekerja sama dengan 3 perusahaan logistik, yaitu PT Pos Indonesia (Persero), PT Jasa Prima Logistik (JPL), dan PT DNR. 

“Kita mendorong agar dilakukan percepatan pendistribusian termasuk di daerah terdepan dan terluar, mengingat bantuan pangan beras ini sangat penting untuk menjaga pasokan pangan masyarakat serta menekan lonjakan inflasi khususnya jelang Idulfitri sesuai arahan Bapak Presiden,” ungkapnya. 

Baca Juga: Realisasi Bansos Pangan Telah Mencapai 35%

Untuk diketahui, bantuan pangan beras tersebut akan disalurkan selama 3 bulan dari bulan Maret sampai dengan Mei secara bertahap. Penyaluran tahap pertama telah dimulai sejak Maret 2023. 

Melalui program ini nantinya ada sebanyak 21,3 juta KPM akan menerima bantuan berupa beras dengan masing-masing 10 kilogram.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Bapanas: 10 Provinsi Telah Selesaikan Penyaluran Bansos Beras"

Penulis : Elsa Catriana
Editor : Erlangga Djumena

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×