kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Apindo: Potensi memperbesar ekspor CPO ke Argentina terbatas


Minggu, 30 Juni 2019 / 15:33 WIB

Apindo: Potensi memperbesar ekspor CPO ke Argentina terbatas

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Peningkatan kerjasama Indonesia dan Argentina dapat membuka pasar ekspor minyak kelapa sawit mentah (CPO) Indonesia ke luar negeri. Kendati demikian, potensi peningkatan ekspor CPO ke Argentina terbatas karena Argentina juga merupakan produsen minyak nabati.

"Tapi pasti mereka juga masih membutuhkan karena pasarnya tidak bisa langsung full dari minyak nabati," ujar Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani di Istana Bogor, Rabu (26/6).


Meski begitu, Shinta mengatakan, CPO masih akan menjadi komoditas unggulan Indonesia ke Argentina. Selain CPO, komoditas lain seperti pulp and paper dan tekstil pun juga diunggulkan. Argentina juga menyambut baik rencana pertukaran potensi perdagangan dengan Indonesia. Nantinya Argentina akan mengirim delegasi untuk melihat potensi impor.

"Kita akan ada Trade Expo Indonesia (TEI) nanti, dari bulan Juli mereka sudah akan mengirim delegasi mengidentifikasi apa yang bisa dikerjasamakan antara bisnis Argentina dengan bisnis Indonesia," terang Shinta.

Kerja sama perdagangan dengan Argentina disambut baik oleh Shinta. Pasalnya Indonesia masih belum serius untuk menggarap pasar di Amerika Selatan.

Saat ini Indonesia baru memiliki perjanjian kerja sama ekonomi komprehensif (CEPA) dengan Chile. Sementara perjanjian perdagangan bebas (FTA) dengan negara Mercosur yaitu Argentina, Brasil, Uruguay, dan Paraguay masih terus dijajaki.

 

 

 


Reporter: Abdul Basith
Editor: Noverius Laoli

Video Pilihan


Close [X]
×