kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ansor Membentuk Komunitas Film


Senin, 05 Agustus 2019 / 16:03 WIB
Ansor Membentuk Komunitas Film


Reporter: Dadan M. Ramdan | Editor: Dadan M. Ramdan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ansoruna Business School Pimpinan Pusat GP Ansor kembali menyapa kader-kader muda Nahdlatul Ulama (NU) dengan menyelenggarakan Kursus Sineas Muda Nusantara. Kegiatan yang di selenggarakan di Jakarta selama dua hari ini (3-4 Agustus 2019) dibuka oleh Adung Abdul Rochman, Sekjen GP Ansor. Adapun trainer-trainer profesional di bidang perfilman dihadirkan dalam kursus ini, diantaranya Samuel Enuputty, Mas Dzuha, dan Cak Aep.

Konsep materi dikemas secara menarik dengan memadukan antara teori dan praktik. Hal ini membuat 50 orang peserta dari berbagai daerah di Jabotabek, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat sangat antusias mengikuti kursus. Materi-materi yang diberikan diantaranya tahapan produksi, teknik pengambilan gambar, teknik editing, penulisan script dan pendalaman karakter tokoh. Sedangkan pada sesi praktek, peserta diberi tugas untuk membuat film pendek secara berkelompok.

Ketua Panitia Kursus Sineas Muda Nusantara, Nurul Huda, merasa surprise dengan respon yang sangat luar biasa dari penyelenggaraan kursus ini yang juga mendapat dukungan dari KONTAN sebagai media partner. “Kami hanya menyediakan kursi untuk 50 orang peserta, tapi pendaftar online kursus ini menembus angka 111 calon peserta. Oleh karena itu, panitia melakukan seleksi berdasarkan beberapa kriteria, diantaranya berdasarkan script yang dikirimkan peserta pada saat melakukan pendaftaran,” ujarnya.

Lebih jauh, Mohammad Amin selaku Pendiri Ansoruna Business School menjelaskan, bahwa kegiatan kursus ini dilaksanakan sebagai bentuk khidmat Ansoruna kepada kader-kader muda NU. Kursus ini penting agar potensi kader-kader muda NU di bidang perfilman dapat terkelola dengan baik. di samping itu juga dimaksudkan agar kader-kader muda NU dapat lebih percaya diri dalam menggeluti dunia sinematografi sebagai salah satu medium dakwah di era digital.

Sejalan dengan upaya untuk memperkuat infrastruktur sosial dalam pengembangan kapasitas sineas muda NU, Ansoruna Business School membentuk komunitas film dengan nama Ansoruna Kine Forum. “Komunitas film ini yang akan melakukan follow up kegiatan kursus sineas muda secara sistematis dan terstruktur,” Kata Mohammad Amin.

PBNU sangat mengapresiasi gagasan kursus sineas ini karena sejalan dengan upaya transformasi digital yang sedang dilakukan oleh PBNU. “Ke depan, kader-kader Ansoruna Kine Forum ini yang diharapkan dapat mengisi konten konten dakwah digital yang dikelola oleh PBNU,” ujar Imam Pituduh, Wakil Sekjen PBNU pada sharing session kursus sineas tersebut. Selamat Berkiprah Ansoruna Kine Forum!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×