kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,31   6,47   0.72%
  • EMAS1.383.000 0,36%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Anies-Muhaimin (AMIN) Berkampanye di Banyuwangi


Kamis, 28 Desember 2023 / 07:23 WIB
Anies-Muhaimin (AMIN) Berkampanye di Banyuwangi
ILUSTRASI. Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) berbincang saat menghadiri silaturahim nasional relawan Garda Matahari di Jakarta, Jumat (1/12/2023). Pertemuan membahas konsolidasi barisan Garda Matahari untuk memenangkan kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 dan mengingatkan bahwa Pilpres 2024 bukan semata-mata pergantian kepemimpinan tetapi menginginkan ada orientasi baru dalam pembangunan ke depan. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki hari ke 32 kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akan berkampanye di Banyuwangi, Jawa Timur.

Informasi dari Kedeputian Media dan Komunikasi Timas Anies-Muhaimin, pasangan calon nomor urut 1 itu akan kampanye bersama di beberapa titik di Banyuwangi.

Anies akan mengawali kampanye sebagai narasumber dalam kampanye bertajuk "Desak Anies dengan tema nelayan dan perikanan di Pantai Blimbingsari Kecamatan Rogojampi.

Baca Juga: Liga Demokrasi Mahasiswa Laporkan Anies ke Bawaslu Gara-Gara Pakai Akronim AMIN

"Pukul 09.00 menjadi narasumber utama dalam acara Desak Anies dengan tema nelayan dan perikanan, lokasi pantai Belimbingsari," tulis informasi yang diterima Kompas.com, Rabu (27/12/2023).

Kemudian, Anies akan menyapa komunintas adat Osing yang berada di Kampung Osing, Dusun Kampungbaru. Acara selanjutnya menghadiri pengajian Aqsona di Gesibu.

Di titik ini, Cak Imin juga turut hadir. Mereka bedua kemudian menutup hari ke-32 kampanye dengan sowan ke Pondok Pesantren Walisongo, Situbondo, Jawa Timur.

Cak Imin mengawali kampanyenya dengan berdialog bersama para petani di Diapong, BTS, Banyuwangi.

Baca Juga: Anies Ingin Incar Pajak 100 Orang Terkaya RI, Staf Sri Mulyani Beri Penjelasan

Lumbung suara Jokowi 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki pendukung cukup besar di Kabupaten Banyuwangi. Hal itu terlihat dari hasil Pilpres 2019 yang mencatat 70,94 persen pemilih Banyuwangi memandatkan lJokowi sebagai Presiden pada saat itu.

Perolehan suara Jokowi tersebut mengalami peningkatan pesat dibandingkan pada Pemilu 2014 yang hanya berada di 59,8 persen saja.

Baca Juga: Tekan Ketimpangan, Anies Ingin Plototi Pajak 100 Orang Terkaya Indonesia

Dikutip dari Kompas.id, Sosiolog yang juga Rektor Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi Andang Subaharianto menyebut, kemenangan Jokowi di Banyuwangi merupakan efek dari cawapresnya saat itu, Maruf Amin.

Basis suara santri dinilai sebagai tambahan pemilih yang pesat karena sosok Maruf Amin yang bergabung di kubu Jokowi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies-Muhaimin Kampanye ke Banyuwangi, Lumbung Suara Jokowi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×