kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,77   2,75   0.29%
  • EMAS928.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.64%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Aksi nyala lilin, merespons pembakaran bunga buat Ahok


Senin, 01 Mei 2017 / 22:31 WIB
Aksi nyala lilin, merespons pembakaran bunga buat Ahok

Sumber: Kompas.com | Editor: Mesti Sinaga

JAKARTA. Sekelompok masyarakat, Senin (1/5/2017) malam, melakukan aksi menyalakan lilin sambil mengelilingi Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Aksi tersebut dilakukan oleh pendukung Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki  “Ahok” Tjahaja Purnama- Djarot Saiful Hidayat untuk merespons pembakaran karangan bunga untuk Ahok – Djarot.

Pembakaran itu dilakukan oleh sejumlah buruh yang sedang mengikuti aksi pada Hari Buruh Internasional atau May Day siang tadi di depan Gedung Balai Kota.

Dari pantauan Kompas.com, tampak masyarakat yang mengikuti aksi menyalakan lilin itu mulai dari anak kecil hingga lanjut usia.

Sebagian dari mereka mengenakan baju kotak-kotak yang merupakan atribut kampanye  Ahok- Djarot saat Pilkada DKI Jakarta 2017.

Mereka mengelilingi karangan bunga yang diletakkan di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan.

Rusli, warga yang ikut aksi tersebut, mengatakan bahwa keikutsertaannya merupakan aksi spontan.

Rusli mengaku heran dengan tindakan buruh yang dengan sengaja membakar karangan bunga tersebut.

Ia menilai, seharusnya tak ada lagi kelompok yang mengatasanamakan pendukung atau kontra- Ahok usai pilkada.

"Ini sebagai bentuk kecewa kenapa harus seperti itu, bakar-bakar. Ini gerakan hati kami datang artinya menolak cara-cara seperti ini," ujar Rusli.

Peserta aksi lainnya, Anna, mengatakan bahwa kehadirannya tersebut juga bentuk spontanitas yang menolak aksi tak terpuji para buruh.

Anna mengatakan, awalnya aksi tersebut dicetuskan oleh seorang relawan pendukung Ahok – Djarot saat mengetahui terjadi aksi bakar karangan bunga oleh sebagian buruh yang melakukan demo hari ini.

Selanjutnya, undangan tersebut dibuat dan langsung tersebar dengan cepat ke masyarakat. Tanpa diduga, ada banyak warga yang mengikuti aksi tersebut.

"Ketika beredar ada orang yang melakukan pembakaran di media sosial, salah satu relawannya Ahok bilang, 'Kita kumpul di sana jam 19.00 WIB'. Dan undangan langsung beredar di mana-mana," ujar Anna.

Siang tadi, massa buruh sempat melakukan pembakaran terhadap karangan bunga untuk Ahok – Djarot di depan Gedung Balai Kota.

Buruh dari Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik, dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP LEM PSI) DKI Jakarta berada di area Balai Kota ketika aksi pembakaran itu berlangsung.

Karangan bunga itu ditumpuk di tengah Jalan Medan Merdeka Selatan dan dibakar. Api membumbung tinggi ke udara dari karangan bunga yang dibakar itu.

Sekjen FSP LEM PDI DKI Jakarta Idrus tampak berorasi dari atas mobil komando mereka. Idrus menyampaikan kepada para buruh untuk tidak lagi menambah karangan bunga ke dalam api. (David Oliver Purba)

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Penyusunan Business Plan yang efektif Strategic B2B Selling in Challenging Time

[X]
×