kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Airlangga Hartarto Sebut Pandemi Tak Hentikan Perang Dagang AS-China


Jumat, 31 Desember 2021 / 15:05 WIB
Airlangga Hartarto Sebut Pandemi Tak Hentikan Perang Dagang AS-China
ILUSTRASI. Sejumlah truk pengangkut peti kemas melintas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (16/12/2021). Airlangga Hartarto Sebut Pandemi Tak Hentikan Perang Dagang AS-China.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China tidak berhenti meskipun dunia masih dalam keadaan pandemi Covid-19.

“Kita melihat ekonomi dunia masih mengalami ketidakpastian atau masih terjadi perang dagang antara Amerika Serikat dan China. Kita melihat, bahwa pandemi Covid-19 tidak meredakan perang dagang, namun ini terus berjalan,” tutur Airlangga dalam konferensi pers, Jumat (31/12).

Menurutnya, menguatnya tren proteksionisme di berbagai negara akibat pandemi Covid-19 juga turut mengancam pemulihan ekonomi global. Menyusul, tidak meratanya kemampuan suatu negara untuk memperoleh akses sumber pertumbuhan ekonomi.

Terakhir, keputusan-keputusan yang dibuat World Trade Organization (WTO) dinilai tidak ramah terhadap negara bekerja. Sehingga, perlu adanya reformasi di dalam WTO, juga reform WTO belum sesuai dengan apa yang diharapkan oleh negara berkembang.

Baca Juga: Mengintip Arah Pergerakan Harga Logam Mulia pada Tahun Depan

Meski adanya ketidakpastian, Airlangga meyakini tren pemulihan perekonomian global terus berlanjut di 2022. Hal ini ditandai dengan membaiknya kinerja perdagangan sejumlah negara, termasuk Indonesia di sepanjang tahun ini.

“Sehingga, kita melihat bahwa kontraksi (perdagangan) ini sudah relatif baik dan FDI (Foreign Direct Investment) sudah mulai bergerak,” tutupnya.

Adapun, sebelumnya tantangan pemulihan ekonomi nasional tidak hanya datang dari akar masalahnya, penyebaran virus corona. Melainkan juga dipicu ketidakpastian geopolitik akibat perang dagang yang dilanjutkan meski masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Baca Juga: Begini Rencana Sunindo Adipersada (TOYS) Hadapi Tantangan Bisnis pada tahun 2022




TERBARU

[X]
×