kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Airlanga Optimistis UU Cipta Kerja akan Ciptakan Iklim Investasi Baik di 2022


Rabu, 16 Februari 2022 / 13:45 WIB
Airlanga Optimistis UU Cipta Kerja akan Ciptakan Iklim Investasi Baik di 2022
ILUSTRASI. Airlangga Hartarto


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan, adanya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Ciptaker) akan menciptakan iklim investasi di Indonesia ke depannya semakin baik di 2022.

“UU Cipta Kerja ini didorong untuk meningkatkan investasi, meningkatkan daya saing, memperluas UMKM dan memudahkan legalitas UMKM untuk memperoleh sertifikasi halal,” tutur Airlangga dalam acara Law and Regulations Outlook 2022 secara virtual, Rabu (16/2).

Selain itu, adanya perizinan Online Terpadu atau yang biasa disebut dengan Online Single Submission (OSS) juga didesain pemerintah agar penerapannya menjadi lebih mudah bagi masyarakat.

Saat ini, Airlangga bilang, pemerintah juga terus melakukan  layanan OOS ini.  Dengan  meningkatkan kapasitas sumber daya manusia baik di kementerian/lembaga dan di daerah sehingga layanan OSS ini bisa dengan mudah dan cepat di akses oleh masyarakat.

Baca Juga: Covid-19 dan UU Cipta Kerja Bikin jumlah Tenaga Kerja Asing Susut

“Pemerintah menyadari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan UU Cipta Kerja mengamanatkan pemerintah melakukan perubahan UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan dan masih dalam proses di DPR. Hasilnya diharapkan sudah bisa diberikan ke pemerintah untuk daftar inventarisnya,” jelas Airlangga.

Selain itu, untuk mendorong investasi, pemerintah juga sedang mempersiapkan metode omnibus law dalam penyusunan peraturan UU, peningkatan partisipasi publik, untuk memperoleh pendapat masyarakat, hak untuk dimintai pendapatnya, dan hak untuk memberikan penjelasan jawaban yang diberikan.

Lebih lanjut, Airlangga optimistis, kondisi berusaha di tahun ini akan berjalan dengan baik dan persepsi pengusaha pasca keputusan MK masih positif, dan 36% pelaku usaha optimis agar usaha baru dapat berlangsung secara baik di 2022 ini.

“Dengan situasi dan kondisi yang ada, kita optimistis dapat mengendalikan Covid-19, mengendalikan perekonomian nasional, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan lapangan kerja, dengan syarat meningkatkan regulasi lapangan kerja yang terus ditingkatkan,” pungkas Airlangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×