kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45996,76   -4,98   -0.50%
  • EMAS979.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Ada 89 Alumni Tax Amnesty 2016 Dapat Pengampunan Pajak Lagi


Rabu, 05 Januari 2022 / 18:33 WIB
Ada 89 Alumni Tax Amnesty 2016 Dapat Pengampunan Pajak Lagi
ILUSTRASI. Ada 89 Alumni Tax Amnesty 2016 Dapat Pengampunan Pajak Lagi


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pemerintah telah memberikan pengampunan pajak kepada para alumni tax amnesty yang digelar pada tahun 2016 lalu. Insentif pajak ini didapatkan melalui tax amnesty jilid II Program Pengungkapan Sukarela (PPS) yang telah dimulai awal tahun ini.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Neilmaldrin Noor menginformasikan jumlah alumni tax amnesty 2016 yang mengikuti kebijakan I dalam PPS mencapai 89 wajib pajak (WP). Data ini dilaporkan para kurun waktu 1 Januari 2022 sampai 4 Januari 2022.

Lebih lanjut, Neilmaldrin menyampaikan, penerimaan negara berupa pajak penghasilan (PPh) Final yang didapat dari para alumni tax amnesty jilid I tersebut mencapai Rp 46,11 miliar.

Baca Juga: Tahir Tertarik Ikut Kembali Program Tax Amnesty II

Ia optimistis jumlah tersebut akan terus bertambah, mengingat PPS diselenggarakan selama enam bulan, yakni sampai dengan 30 Juni 2022.

“DJP akan terus mengajak masyarakat untuk mengikuti Program Pengungkapan Sukarela dengan aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” kata Neilmaldrin kepada Kontan.co.id, Rabu (5/1).

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengira alasan para alumni tax amnesty 2016 yang mengikuti kebijakan I PPS, karena sempat lupa melaporkan aset/harta kekayaannya dalam pengampunan pajak yang berlangsung lima tahun lalu.

“Manusiawi pasti ada saja administrasi yang tercecer waktu itu kemudian dilaporkan kembali. Karena misalnya kondisinya memang karena perusahaan dalam peralihan sahamnya terhambat waktu itu dan lain-lain,” ujar Hariyadi.

Baca Juga: Pemerintah Mulai Melaksanakan Tax Amnesty Jilid II, Ini Kata Kadin

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×