kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

279 juta data penduduk Indonesia dari NIK sampai gaji dijual murah di Raid Forum


Kamis, 20 Mei 2021 / 18:16 WIB
279 juta data penduduk Indonesia dari NIK sampai gaji dijual murah di Raid Forum
ILUSTRASI. Media sosial riuh soal kabar 279 juta data penduduk Indonesia yang dijuak murah hanya US$ 6.000. Data ini diklaim lengkap dari NIK, alamat, email sampai gaji. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Media sosial tengah riuh. Pasalnya, ratusan juta data  penduduk Indonesia dijual murah lewat Raid Forums.

Pemilik akun bernama kotz menjual data penduduk Indonesia sebanyak 279 juta, mulai data gaji, NID, KTP, Mail, Nama, alamat, bahkan sebagian dilengkapi gambar diri alias foto. 

Bagi calon pembeli, Kotz juga menjanjikan akan memberikan 1 juta data untuk dites secara gratis alias free. “(sebanyak) 20 juta (data) dilengkapi dengan personal data,” ujar Kotz dalam postingan 12 Mei 2021. 

Kotz mem-posting penjualan data lebih dari seperempat juta data penduduk Indonesia di forum tersebut. Data ini berukuran sekitar 50 MB. 

Kabar atas  penjualan ratusan juta data penduduk Indonesia ini juga menguar di media sosial Twitter. 

Berdasarkan rumor yang disebar seorang pengguna dengan username @Br_AM, kebocoran data penduduk Indonesia ini bersumber dari BPJS Kesehatan.

Si pemilik akun Br_AM ini juga menyebut dengan harga US$ 6.000 dibagi dengan 270 juta penduduk, maka harga data per orang di Indonesia hanya US$ 0,0000215 per orang atau Rp 0,31 per orang. 

“Jadi harga data kita per orang kurang dari Rp 1 rupiah,” sebutnya dengan motion pasrah (smiling face with tear).

Baca Juga: Viral unggahan dugaan data penduduk bocor, BPJS Kesehatan tengah telusuri

Dus, sontak kabar ini riuh jadi perbincangan, mulai mempertanyakan kesahihan data, keamanan, harga sampai menyentil perlindungan data pribadi ke pemerintah. 

KONTAN sudah menghubungi Kepala Humas BPJS Kesehatan Iqbal Anas Maruf secara langsung baik lewat sambungan telepon, pesan pendek sampai dengan pesan di whats app, namun sampai tulisan ini terbit, Iqbal belum merespon pertanyaan KONTAN. 

Namun infomasi sementara dari BPJS Kesehatan yang di Twitter menyebut bahwa saat ini, BPJS sedang melakukan penelusuran lebih lanjut untuk memastikan apakah data tersebut berasal dari BPJS Kesehatan atau bukan.

"Kami sudah mengerahkan tim khusus untuk sesegera mungkin melacak dan menemukan sumbernya," sebut pengumuman holding BPJS Kesehatan itu.

BPJS Kesehatan konsisten memastikan keamanan data peserta BPJS Kesehatan dilindungi sebaik-baiknya.

Dengan big data kompleks yang tersimpan di server, BPJS mengaku memiliki sistem pengamanan data yang ketat dan berlapis sebagai upaya menjamin kerahasiaan data tersebut, termasuk di dalamnya data peserta JKN-KIS.

Baca Juga: Data 1,3 juta pengguna Clubhouse bocor, ini saran dari pakar siber

"Di samping itu, secara rutin kami juga melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memberikan perlindungan data yang lebih maksimal," ujarnya.

BPJS juga menyebut, jumlah peserta BPJS Kesehatan mencapai 222,4 juta, sementara data yang terindikasi bocor dan beredar mencapai 279 juta.

Semoga tak benar-benar bocor ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×