kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

101 Yurisdiksi Sudah Kenakan Cukai MBDK, Indonesia Siap Menyusul


Senin, 29 Januari 2024 / 17:53 WIB
101 Yurisdiksi Sudah Kenakan Cukai MBDK, Indonesia Siap Menyusul
ILUSTRASI. Penjualan?minuman berpemanis dalam kemasan di supermarket.


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID-JAKARTADirektorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membeberkan bahwa sudah banyak negara yang memberlakukan pungutan cukai minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK).

Kepala Seksi Potensi Cukai, Subdirektorat Potensi Cukai dan Kepatuhan Pengusaha Barang Kena Cukai, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Ali Winoto mengatakan, setidaknya sudah ada sekitar 101 yurisdiksi negara yang sudah terlebih dahulu mengenakan cukai MBDK, termasuk negara ASEAN seperti Thailand dan Malaysia. 

"Jadi sebetulnya pengenaan cukai MBDK ini sudah lazim dikenakan oleh negara-negara di seluruh dunia. Hampir 101 yurisdiksi yang sudah mengenakan cukai MBDK," ujar Ali dalam Webinar Bijak, Kamis (11/1) yang lalu.

Baca Juga: Siap-siap! Minuman dengan Kadar Gula Ini Bakal Dikenai Cukai

Oleh karena itu, dengan banyaknya negara yang telah memberlakukan cukai MBDK maka menjadi alasan yang kuat untuk pemerintah Indonesia juga ikut memungut cukai MBDK.

"Saya kira secara best practice sudah cukup kuat untuk kita segera mengenakan cukai MBDK di Indonesia," katanya.

Di kawasan Asia Tenggara, saat ini terdapat tujuh negara yang memberlakukan cukai MBDK. Misalnya saja Kamboja dan Laos yang pertama memperkenalkan cukai MBDK pada tahun 1997 dan 2005.

Untuk negara Laos dan Kamboja, penerapan cukai MBDK dikenakan pada minuman berkarbonasi, konsentrat, minuman berenergi, jus 100% buah, jus manis, minuman berbahan dasar susu, minuman manis rendah kalori, serta air minum dalam kemasan tanpa pemanis.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Aturan Penerapan Cukai Minuman Berpemanis Dalam Kemasan

Adapun tarif yang dikenakan di negara Laos adalah 5%-10% per liter atau Rp 247 per liter serta negara Kamboja dengan tarif 10% per liter atau Rp 1.250 per liter.

"Malah Kamboja dan Laos yang menurut kita negara yang secara ekonomi di bawah Indonesia sudah mulai (memungut MBKD) pada tahun 1997 dan 2005," terang Ali.




TERBARU

[X]
×